loading...

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat atau Teman Terlengkap

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang contoh-contoh surat dinas secara lengkap. Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang contoh surat pribadi kepada sahabat atau teman.

Pembahasan kali ini berisi tentang pengertian surat pribadi, bagian-bagian surat pribadi, contoh surat pribdi dan gaya bahasa dalam surat pribadi.

Pengertian surat pribadi

Membuat Surat pribadi pada dasarnya tidak ada aturan yang baku; kita boleh - boleh saja membuat surat pribadi sesuai dengan kehendak kata masing - masing, asalkan pesan yang kita inginkan sampai dan disampaikan dengan sewajarnya (pantas).

Bagian-bagian surat pribadi

Surat pribadi untuk teman dianggap sudah baik ketika teman yang menerimanya tidak tersinggung dengan tampilan dan gaya bahasa yang kita gunakan.

Dibawah ini contoh variasi surat pribadi untuk sahabat atau teman kita;
- Surat pribadi bahasa inggris
- Surat pribadi bahasa jawa
- Surat pribadi bahasa sunda
- Surat pribadi untuk teman
- Surat pribadi untuk guru
- Surat pribadi untuk orang tua

Semua bentuk surat pribadi tersebut di atas tidak ada aturan yang baku dalam pembuatannya. Kita dibebaskan dalam menentukan susunan, gaya bahasa, bentuk surat dan lainnya.
Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat atau Teman Terlengkap
Gambar: Contoh surat pribadi untuk sahabat

Contoh surat pribadi untuk sahabat dan teman

Untuk lebih jelasnya tentang contoh variasi surat pribadi dengan beragam bentuk dan gaya bahasanya serta surunan kalimatnya, silahkan perhatikan contoh-contoh surat pribadi berikut ini!

Contoh surat pribadi untuk sahabat I

(Dikutip dari contohpedia.com)

Lampung, 12 Mei 2015


Assalamualaikum Wr.Wb, hai sobatku Hilwa, apa kabar? semoga kamu dan keluarga dalam keadaan sehat selalu. 

Sobat, maaf ya sebelumnya kalau surat yang terakhir kamu kirim baru bisa aku balas sekarang. Oh ya Sob, sekarang aku sudah kerja loh, aku baru diterima bekerja di sebuah lembaga pendidikan belajar di Lampung, suasana belajar-mengajar disana asyik dan nyaman. Oh iya Aku hampir lupa, teman-teman nanyain kabar kamu tuh, katanya bentar lagi kamu mau married ya? asyik donk (hehehe). Jangan lupa kirim undangan untuk aku dan teman-teman disini ya? Aku tunggu deh.

Berhubung aku gak pinter nulis, aku udahin dulu ya surat ini sob. Ku tunggu surat balasan darimu.

Sahabatmu,

Mufidah

Contoh surat pribadi untuk sahabat II

(Dikutip dari contohpedia.com)

Lampung, 14 Juni 2015

Apa kabar Ahmad, baik-baik saja kan?

Saat menulis surat ini aku sedang melihat album photo perpisahan sekolah, kalau ingat masa-masa kita masih duduk di bangku sekolah memang sangat menyenangkan. Kita salalu berbagi kecerian dan suka duka bersama. Masa-masa sekolah memang masa yang indah dan tidak mudah dilupakan.

Oh ya Ahmad, Bagaimana kuliahmu di Bogor? semoga berjalan dengan baik. Aku berharap kamu dapat menyelesaikan kuliahmu dengan baik juga, agar cita-citamu yang ingin jadi guru Bahasa Inggris itu dapat segera kamu wujudkan. " Amin ".

Udah dulu, ya Ahmad. Aku berharap jika kamu libur kuliah atau berkunjung kerumah nenek kamu di lampung, jangan lupa mampir kerumah aku ya?  Aku tunggu kabar dan balasan surat darimu.

Sahabatmu,

Zaenab


Contoh surat pribadi untuk sahabat III

(Dikutip dari 'Aktif Berbahasa Indonesia' oleh Dewi Indrawati dan Didik Durianto)


Bogor, 25 Mei 2015
Siti Nurhayati
Jl. Gotong royong No.14 I/I
Sukarame, Bandarlampung
Lampung

Siti yang manis,
Halo, bagaimana ni kabar kamu? Aku harap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Soalnya aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.


Eh, Siti, bulan depan aku mau ke rumah tanteku yang ada di Lampung. Jadi aku bisa sekalian mampir ke rumah kamu. Boleh kan kalau aku main ke rumah kamu? Harus boleh lho, soalnya aku sudah kangen banget dengan kamu. Awas, kalau tidak boleh! Jangan marah lho, Siti, aku kan cuma bercanda. Nik, kamu masih punya Kucing tidak? Berapa sekarang jumlahnya? Pasti udah

tambah banyak. Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter deh.


Siti, cukup sampai di sini dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya, Siti. Aku tunggu lho!



Dari temanmu

Amelia

Contoh surat pribadi untuk sahabat IV

(Dikutip dari 'Buku Bahasa dan Sastra Indonesia I, Oleh: Maryati, Sutopo)

Kotaraja, 21 Maret 2007

Sahabatku,
Wiwik Gusnani
Di Kota Metro
Salam persahabatan,

Hai, apa kabar? Bagaimana keadaanmu? Sehat dan bahagia bukan? Apakah kamu masih menanam bunga mawar? Aku ingin sekali bertemu kamu lho Wik? Kamu pasti tambah cantik, ya? Atau mungkin tambah gemuk?

Wik, sahabatku yang baik. Sejak kita berpisah, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat. Gedung yang dulu menjadi tempat pentas dan latihan drama itu sudah rata dengan tanah. Kini sudah muncul bangunan super mewah, sayang tempat itu hanya untuk belanja! Rasanya tak mungkin untuk berkesenian, apalagi untuk pentas drama.

Wik, sekian dulu, ya! Jangan lupa membalasnya. Kutunggu kabarmu! Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak. Juga Mas Yudi. Terima kasih Wik... sampai jumpa dalam liburan yang akan datang.

Sampai jumpa.
Sahabatmu,

Eka Pratiwi

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabar (Bahasa Sunda)

(Dikutip dari contohsurat99.com)

Banjaran, 04 OKTOBER 20125

Haturan  Gempi
di Garut

          Assalamu’alaikum Wr. Wb.
          Kumaha, ka ayaan Gempi sareng kulawargi di Garut ? mudah mudahan wae aya dina kaayaan sehat raga sareng eusina, Amiiin. Kumaha Gem Sakola di Garut ayeuna pikabetaheun  sareng seueur rerencangan nu anyar nya !. Tapi tong hilap ka abi mah nya Gem.

          Alhamdulillah Abdi Sakola di Banjaran anu caket we, da bade ka kota teh teu acan aya kaludeung. Ah tapi sawios we Gem, anu penting mah najan sakola di daerah oge urang teh kudu soson-soson diajar mah, ulah tinggaleun ku urang kota.

          Abdi jadi ka emut waktos urang sasarengan sakola di SMP, Urang diajar sareng ocon bareng. Emh... meni sono pisan hoyong pependak deui sareng Gempi teh, rupina iraha Gempi bade ameng ka Banjaran deui ? Supados urang tiasa ngeutkeun bareng pangalaman urang baheula nuju sakola di SMP.

          Rupina cekap sakitu surat ti Abdi, diantos waleranna. Mudah-mudahan urang tiasa papendak paamprok jonghok deui sanes waktos.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam Sono,


    Dadan

Demikian Pembahasan kali ini berisi tentang pengertian surat pribadi, bagian-bagian surat pribadi, contoh surat pribdi dan gaya bahasa dalam surat pribadi.

0 Response to "Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat atau Teman Terlengkap"

Post a Comment