loading...

Info Lengkap Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Lampung

Lampung merupakan wilayah paling selatan di Pulau Sumatra yang berbatasan dengan provinsi Sumatra Selatan dan Bengkulu. Lampung sering disebut sebagai gerbang Sumatra atau Serambi Sumatra.

Provinsi Lampung mempunyai beragam sumber daya alam (SDA), mulai dari kekayaan bahari, hasil bumi (kopi, pisang, karet, sawit, singkong) sampai sumber panas Bumi Gunung Rajabasa.

Provinsi Lampung mempunyai kemajuan yang cukup bagus dalam dunia pendidikan, ditandai dengan pertumbuhan lembaga-lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta.

Daftar perguruan tinggi negeri di Lampung

Hal yang cukup menggemberikan adalah bahwa di Provinsi Lampung ini setidaknya sudah terdapat 6 perguruan tinggi Negeri yang tersebar di dua kabupaten Kota. Berikut ini adalah info lengkap daftar perguruan tinggi negeri di Lampung;

1. Universitas Lampung (UNILA), Bandarlampung (http://www.unila.ac.id/

Universitas Lampung merupakan universitas negeri terbesar di Lampung. Pada tahun 1961 Universitas Lampung pada awalnya merupakan cabang dari Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang dengan dua fakultas yaitu fakultas Hukum dan Ekonomi.

Baru pada tanggal 23 September 1965 Universitas Lampung resmi berdiri sendiri berdasarkan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) nomor 195 tahun 1965, yang saat itu masih memiliki dua fakultas yaitu fakultas Hukum dan fakultas Ekonomi.

Pada perkembangannya, sampai saat ini Universitas Lampung (UNILA) telah memiliki 8 (delapan) fakultas, yaitu: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta yang terakhir adalah Fakultas Kedokteran.

Universitas Lampung (UNILA) beralamat di Jln. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro no. 1, Bandarlampung, 35145.
Gambar: Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri di Lampung

2. IAIN Raden Intan, Bandarlampung (http://iainradenintan.ac.id/

IAIN merupakan perguruan tinggi negeri di Lampung yang berasaskan Islam. Nama Raden Intan berasal dari nama seorang Pahlawan kemerdekaan di daerah Lampung yang ikut membebaskan bangsa Indonesia ini dari penjajah kolonial Belanda yang bernama Raden Intan II.

Pengambilan nama ini sebagai simbol penghargaan atas perjuangan beliau untuk menyadarkan masyarakat Lampung terhadap arti kebebasan dan pengembangan diri untuk mencapai kesejahteraan dan kecerdasan bangsa.

IAIN Raden Intan Bandarlampung sampai saat ini telah memiliki 4 (empat) fakultas, yaitu: Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuludin, Fakultas Dakwah dan Fakultas Syariah dengan dilengkapi program pasca Sarjana S2 dan S3.

3. POLINELA, Bandarlampung (http://www.polinela.ac.id/

Pada awalnya berdirinya Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) merupakan proyek pengembangan dari pendidikan Politeknik Pertanian Universitas Lampung (UNILA).

Baru pada tanggal 7 April 2001, Politeknik Pertanian Negeri Lampung resmi berdiri secara mandiri menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Bandarlampung.

Pada perkembangannya, pada tanggal 19 Oktober 2002 baru ditetapkan perubahan nama Politeknik Pertanian Negeri Bandarlampung menjadi Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) dengan pertimbangan agar pada masa yang akan datang dapat memperluas bidang studi semisal studi ekonomi umum, keteknikan, manajemen dan lain-lainnya.

4. Poltekkes Tanjungkarang, Bandarlampung (http://poltekkes-tjk.ac.id/

Poltekkes Kemenkes (Politeknik Kesehatan – Kementrian Kesehatan) Tanjungkarang, Bandarlampung yang beralamat di Jln. Soekarno-Hatta no. 6 Bandalampung pada awalnya merupakan penggabungan  akademi-akademi kesehatan yang ada di Provinsi Lampung.

Akademi-akademi tersebut pada akhirnya berubah menjadi Jurusan, yaitu Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Analisis Kesehatan, Kesehatan Gigi, DIV Promkes dan DIV Analisis Kesehatan.

Sampai pada saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Tanjungkarang telah mengelola 8 Jurusan yang terdiri dari Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, Kesehatan Gigi, Gizi, Teknik Gigi dan Jurusan Farmasi.

Poltekkes Tanjungkarang juga telah mengelola 8 Program Studi yang terdiri dari Program D.III Keperawatan Kotabumi, Program D.III Kebidanan Metro, Program D.IV Keperawatan, Program D.IV Bidan Pendidik, Program D.IV Bidan Klinik, D.IV Kesehatan Lingkungan, D.IV Promkes dan D.IV Analis Kesehatan.

5. STAIN Jurai Siwo, Metro (http://stainmetro.ac.id/v2/

Sejarah berdirinya STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Jurai Siwo Metro tidak dapat dipisahkan dengan sejarah berdirinya IAIN Raden Intan Bandarlamapung.

Tak lama setelah perubahan nama IAIN Raden Intan Tanjung Karang manjadi Raden Intan Bandar Lampung karena mengikuti perubahan nama ibu kota Lampung menjadi Bandar Lampung terbitlah Surat Edaran Bimas Islam No. E.III.OT/OO/AZ/1804/1996, Tanggal 23 Agustus 19996 tentang Penataan Kelembagaan Fakultas IAIN di luar Induk menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.

Sebagai kelanjutan maka pada tanggal 23-25 April 1997 diadakan rapat kerja para rektor dan dekan fakultas di luar induk. Pada kesempatan ini ditetapkan pula perubahan dan pengesahan fakultas di luar induk manjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) berdasarkan SK Presiden No.11 tahun 1997.

Sejalan dengan perubahan status tersebut Drs. Zakaria Zakir yang saat menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah mengajukan lima nama STAIN Metro yaitu, STAIN Raden Imba Kusuma, STAIN Lampung, STAIN Jurai Siwo, STAIN A. Yasin, dan STAIN Sosrodarmo. Berdasarkan saran Bupati (saat itu Drs. Herman Sanusi) maka ditetapkan nama STAIN Metro adalah STAIN Jurai Siwo Metro mengingat STAIN ini berada di Lampung Tengah yang memiliki tradisi dan budaya "Sembilan Mrga Penyibang".

Selanjutnya status STAIN Jurai Siwo Metro menjadi IAIN Jurai Siwo Metro telah diajukan sejak tahun 2010 dan direncanakan bisa terealisasi pada tahun 2012. Musyawarah alumni juga menjadi salah satu syarat administrasi alih status STAIN ke IAIN. Hal ini sudah lama dilakukan pada masa kepemimpinan Prof. Dr. Syaripudin, M.Ag. dengan mengundang seluruh alumni dari semua angkatan dalam acara reuni akbar pada Sabtu, 28 Juli 2010 lalu.

Perubahan status menjadi IAIN juga akan mendorong pembentukan fakultas-fakultas yang merupakan penggabungan dari 2 jurusan dengan 9 program studi.

6. STO (Sekolah Tinggi Olahraga), Metro

Sampai saat ini STO (Sekolah Tinggi Olahraga) Metro telah memiliki 2 (dua) program studi, yaitu Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Metro yang beralamat di 16 C, Mulyojati kota Metro, merupakan lembaga pendidikan yang telah mencetak guru-guru olahraga yang sangat berkompeten.

7. Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Lampung (http://www.itera.ac.id/

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi menjadi perguruan tinggi negeri melalui Perpres (Peraturan Presiden) Republik Indonesia no.124 Tahun 2014.

Pada Tahun Akademik 2015/2016 ITERA telah menggunakan Seleksi Bersama Masuk Pergguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 dan Seleksi Mandiri untuk menerima pendaftaran mahasiswa baru program sarjana tahun 2015 di semua program studi yang ada di ITERA.

Pada tahun 2015 Institut Teknologi Sumatera (ITERA) telah membuka 7 (tujuh) Program Studi yaitu:
  1. Program Studi Fisika (Telah dibuka tahun 2012)
  2. Program Studi Teknik Elektro (Telah dibuka tahun 2012)
  3. Program Studi Teknik Geofisika (Telah dibuka tahun 2012)
  4. Program Studi Teknik Geomatika (Telah dibuka tahun 2012)
  5. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (Telah dibuka tahun 2012)
  6. Program Studi Teknik Sipil (Telah dibuka tahun 2013)
  7. Program Studi Teknik Informatika (Telah dibuka tahun 2013)

Demikian informasi lengkap tentang daftar Perguruan Tinggi Negeri di Provinsi Lampung, semoga anda mendapatkan informasi yang utuh.

Baca selengkapnya: Daftar Perguruan Tinggi Negeri Dan Univesitas Negeri Di Indonesia Beserta Alamatnya Lengkap

Sumber: Diambil dari berbagai sumber

0 Response to "Info Lengkap Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Lampung"

Post a Comment