loading...

Membaca Ekstensif Teks Berita

Dalam istilah pembelajaran bahasa Indonesia, ada 2 (dua) istilah dalam pembacaan berita, yaitu pembacaan teks beritas secara instensif dan pembacaan teks berita secara ekstensif.

Pada kesempatan postingan kali ini akan dibahas terlebih dahulu tentang pembacaan teks berita secara ekstensif. Apa yang dimaksud dengan pembacaan teks berita secara ekstensif?

Tujuan dari penyampaian materi ‘membaca ekstensif teks berita’ adalah kita dapat membaca ekstensif dan menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama.

Pengertian membaca ekstensif teks berita

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, ekstensif berarti bersifat menjangkau secara luas. Dapat disimpulkan bahwa membaca ekstensif merupakan kegiatan membaca yang dilakukan secara tidak begitu detail.
Membaca Ekstensif Teks Berita
Gambar: Membaca Ekstensif Teks Berita

Tujuan membaca ekstensif teks berita

Berdasarkan pengertian di atas, kegiatan membaca ektensif teks berita ditujukan untuk mendapatkan informasi yang bersifat pokok-pokok penting dan bukan hal yang sifatnya terperinci.

Melalui kegiatan membaca ekstensif teks berita, kita sudah dapat dapat melihat atau menarik kesimpulan mengenai pokok bahasan atau masalah utama yang dibicarakan.

Dengan membaca ekstensif pada beberapa teks berita, kita dapat menarik kesimpulan mengenai teks yang memiliki masalah utama yang sama, walaupun pembahasan detailnya berbeda.

Sebelum kalian menyimpulkan masalah utama dari beberapa teks yang bertopik sama, kalian perlu memerhatikan hal-hal berikut.

1. Membaca kedua teks secara keseluruhan, sehingga mendapatkan pemahaman terhadap kedua isi teks.

2. Memahami pokok-pokok penting yang disampaikan dalam masing-masing teks.

3. Membandingkan kedua teks, sehingga memperoleh gambaran adanya persamaan dan perbedaannya.

4. Menarik kesimpulan mengenai masalah utama dari kedua teks.

Demikian pembahasan tentang membaca ekstensif teks berita disertai dengan tujuannya serta penarikan kesimpulan pada pembacaan beberpa teks yang berbeda dengan topik yang sama.

0 Response to "Membaca Ekstensif Teks Berita"

Post a Comment