loading...

Pegertian dan Contoh Paragraf Argumentasi (Argumentatif) Lengkap

Kalau sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian dan contoh paragram persuasif, kali ini kita akan mencoba membedah pembahasan tentang pengertian dan contoh lengkap paragraf argumentatif.

Pegertian paragraf argumentasi (Paragraf Argumentatif)

Secara bahasa argumentatif berarti alasan.

Paragraf argumentasi adalah sebuah tulisan atau paragraf yang bertujuan untuk meyakinkan orang lain baik pembaca maupun pendengar berdasarkan alasan-alasan yang kuat dan logis untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat (opini) sesuai dengan data dan fatka yang sesungguhnya.
Sehingga dapat juga diartikan bahwa argumentasi digunakan untuk mempengarui atau mengubahh pendapat orang lain supaya menerima pendapat yang kita utarakan.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, argumentatif berarti memiliki (mengandung) alasan yang dapat dipakai sebagai bukti atau karangan yang bertujuan untuk membuktikan pendapat. Adapun makna argumentasi adalah alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian dan gagasan.

Dalam berargumentasi, kita boleh mempertahankan pendapat,tetapi juga harus mempertimbangkan pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapat kita. Penalaran yang sehat dan didukung oleh penggunaan bahasa yang baik dan efektif sangat menunjang sebuah karangan argumentatif.
Macam - macam Paragraf
Gambar: Contoh Paragraf Argumentasi

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat paragraf argumentatif adalah;

1. Berfikir yang sehat, kritis dan logis.
2. Mencari, mengumpulkan, memilih fakta yang sesuai dengan tujuan dan topik, serta mampu merangkainya untuk membuktikan sebuah keyakinan atau pendapat.
3. Menjauhkan dari unsur emosi dan subjektifitas.
4. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, efektif sehingga tidak menimbulkan salah penafsiran.

Sumber fakta dalam penulisan paragraf argumentatif

Dalam menulis paragraf argumentatif, data dan fakta harus dapat dipertanggungjawabkan. Diantara sumber-sumber data yang dapat dipertanggungjawabkan adalah;

1. Bahan bacaan berupa buku, majalah, surat kabar dan internet
2. Melalui wawancara dan angket
3. Melalui penelitian dan pengamatan langsung dengan cara observasi

Cara Menulis paragraf argumentatif dengan baik

Paragraf argumentatif yang baik adalah yang dikembangkan dengan pola penalaran sebab akibat, yaitu dengan cara menyampaikan sebab-sebabnya terlebih dahulu dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab itu.

Walaupun dalam penggunaannya, penalaran sebab akibat dapat disajikan dalam bentuk akibat sebab. Artinya, menyampaikan akibatnya terlebih dahulu kemudian menyebutkan sebab-sebanya.

Langkah-langkah penulisan paragraf argumentatif

Untuk lebih memudahkan dalam penulisan paragraf argumentatif, hendaknya mengikuti langkah-langkah sebagai berikut;

1. Menentukan topik-topik pendapat yang dapat dikembangakan
2. Menyusun kerangka paragraf yang akan dibuat
3. Mengembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah paragraf
4. Menggunakan kata penghubung antarkalimat berupa; oleh karena itu, dengan demikian, oleh sebab itu dan lain-lain.

Contoh paragraf argumentasi

Macam - macam Paragraf

Macam - macam Paragraf

Demikian pembahasan lengkap tentang pengertian paragraf argumentasi, pengertian paragraf argumentasi, contoh paragraf argumentasi sebab akibar, contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan,  kesehatan dan lingkungan serta ciri-ciri pragraf argumentasi.



0 Response to "Pegertian dan Contoh Paragraf Argumentasi (Argumentatif) Lengkap"

Post a Comment