loading...

Pengertian & Contoh Slogan dan Poster serta Perbedaannya

Seringkali kita melihat slogan dan poster di tempat-tempat umum, seperti dipinggir jalan. Slogan dan poster merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi yang memiliki ciri-ciri tersendiri dibandingkan dengan jenis penyampaian informasi lainnya.


Agar sebuah slogan dan poster dapat meyakinkan pembacanya, slogan dan poster harus dibuat semenarik mungkin, baik secara isi maupun penampilan, dengan kreativitas kalian.

Pengertian slogan dan poster

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, slogan berarti perkataan atau kalimat pendek yg menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu; perkataan atau kalimat pendek yg menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dsb.

Menurut sumber yang sama, pengertian poster adalah plakat yg dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan.

Perbedaan slogan dan poster

Hal yang membedakan antara slogan dengan poster adalah berikut.
1. Isi atau muatan slogan berupa penjelasan mengenai tujuan ideologi suatu organisasi, golongan, dan sebagainya.

2. Isi atau muatan poster dapat berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk, upaya pendidikan, dan penyaluran aspirasi tertentu.

Slogan dan poster biasanya dituangkan dalam bentuk plakat, stiker, spanduk, baliho, dan sebagainya. Sebagai media informasi visual dan bersifat luar ruangan (outdoor), terutama poster, penggunaan format bahasa, bentuk tulisan, penyertaan gambar, dan komposisi warna akan sangat berpengaruh terhadap minat seseorang untuk membacanya.

Maka dari itu, pemasangan media tersebut biasanya dipilih tempat-tempat strategis yang mudah dilihat oleh khalayak umum.

Contoh slogan dan poster

Contoh gambar slogan dan poster


Contoh gambar slogan

Pengertian & Contoh Slogan dan Poster serta Perbedaannya
Contoh Slogan


Contoh gambar poster

Pengertian & Contoh Slogan dan Poster serta Perbedaannya

Contoh kalimat slogan dan poster

Contoh kalimat slogan

- Saatnya WANITA Tampil di Depan
- PKK Budi Mulya, Hidup bersosialisasi, berkreativitas dan berprestasi

Contoh kalimat poster

- Keluarga bahagia dengan emansipasi
- Buang sampah sembarangan = tidak cinta lingkungan
- Keberhasilan membangun karier bukan berarti meninggalkan urusan rumah tangga

Setelah memerhatikan contoh slogan dan poster di atas, dapat disimpulkan bahwa slogan dan poster merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan yang berupa kalimat pendek, singkat, sarat pesan, mudah diingat, dan menarik.

Demikian pembahasan secara lengkap tentang pengertian slogan dan poster, perbedaan slogan dan poster, serta contoh slogan dan poster baik berupa contoh gambar maupun kalimat dari slogan dan poster.

0 Response to "Pengertian & Contoh Slogan dan Poster serta Perbedaannya"

Post a Comment