loading...

Pengertian dan Contoh Frasa Adjektiva

Pada kesempatan ini, kami akan berbagi pembahasan tentang frasa adjektiva. Apa yang dimaksud dengan frasa adjektiva? Apa saja yang termasuk contoh-contoh dari frasa adjektiva? Semua pertanyaan ini akan terjawab dalam pembahasan ini.


Sebelum membahas lebih jauh tentang frasa adjektiva, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari masing-maing katanya. Apa itu yang dimaksud dengan frasa? Dan apa pula yang dinamakan dengan adjektiva?

Pengertian frasa adjektiva

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, frasa berarti gabungan dua kata atau lebih yang bersifat non predikatif, misalnya gunung tinggi disebut frasa karena merupakan kontruksi non predikatif (tidak berkaitan dengan predikat).

Adapun makna adjektiva menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti frasa endosentris berinduk satu yang induknya adjektiva dan modifikatornya adverbia.

Adjektiva atau kata sifat adalah kata yang menyatakan sifat atau keadaan nomina.

Jadi kesimpulannya, frasa adjektiva adalah frasa yang mengandung unsur kata sifat. Contohnya; sangat cantik, tinggi sekali, sangat cantik.

Frasa adjektiva adalah frasa yang unsur intinya berupa kata sifat. Frasa ini biasanya berkombinasi dengan kata agak, kurang, leibh, sangat dan paling.

Perhatikan contoh berikut ini!
“sebenarnya, orang tua siswa mau membayar, tetapi kebutuhan rumah tangga mereka lebih penting untuk dipenuhi”


Frasa lebih penting dalam kalimat tersebut di atas termasuk frasa adjektiva. Unsur intinya, yaitu kata penting, berkategori kata sifat (adjektiva) yang dikombinasikan dengan kata lebih.
Pengertian dan Contoh Frasa Adjektiva
Gambar: Contoh Frasa Adjektiva

Contoh frasa Adjektiva

Pengertian mudahnya dari Adjektiva adalah kata yang memberikan keterangan yang lebih khusus tentang sesuatu yang dinyatakan oleh nomina dalam kalimat.

Perhatikan contoh berikut!
- Anak kecil
- Beban berat
- Baju merah
- Meja bundar
- Alam gaib
- Pemain ganda

Adjektiva dapat juga merupakan inti frasa yang disebut frasa adjektival. Sebagai inti frasa, adjektiva dapat diwatasi dengan berbagai pemarkah, seperti pemarkah aspektualitas dan pemarkah modalitas yang ditempatkan di sebelah kirinya.

Contoh:
- Tidak bodoh
- Tidak keras kepala
- Harus dapat memuaskan
- Sudah harus tenang
- Belum dapat tertarik
- Akan tidak rapi

Adjektiva dalam frasa adjektival dapat diikuti pewatas yang berposisi di sebelah kanannya.
Contoh:
- Sakit gigi
- Bodoh kembali
- Kaya juga

Frasa adjektiva ini dapat Anda gunakan dalam penulisan paragraf deskriptif. Jika ingin lebih memahami tentang adjektiva, Anda dapat membaca buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.

1 Response to "Pengertian dan Contoh Frasa Adjektiva"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete