loading...

Pengertian dan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Lengkap

Dalam bahasa Indonesia ada 2 macam jenis kalimat, yaitu kalimat simpleks dan kalimat kompleks. Kedua kalimat ini memiliki pengertian dan ciri-ciri yang berbeda. Perbedaan kedua jenis kalimat ini ada pada kelengkapan pola kalimat masing-masing.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian kalimat simpleks dan kompleks, perbedaan kalimat simpleks dan kompleks, serta contoh kelimat simpleks dan kompleks dalam bahasa Indonesia, silahkan baca pembahasan selanjutnya.

Pengertian kalimat simpleks dan kompleks

Kalimat simpleks adalah kalimat yang terdiri satu setruktur kalimat dengan satau verb utama, umumnya hanya memiliki pola S P O atau S P O K.

Kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu pola atau struktur kalimat dan di dalam kalimat ini terdapat lebih dari satu aksi.

Perbedaan kalimat simpleks dan kompleks

Dianatara perbedaan kalimat simpleks dan kompleks adalah bahwa Kalimat simpleks mempunyai setruktur lebih sederhana, sedangkan kalimat kompleks memiliki struktru lebih lengkap.

Umumnya kalimat simpleks hanya memiliki satu pola S P O atau S P O K, sedangkan kalimat kompleks memiliki lebih dari satu pola S P O atau S P O K yang dihubungkan dengan kata baca (konjungsi) atau dengan hanya sekedar dengan tanda koma atau bahkan tidak juga dihubungkan dengan tanda baca apapun.
Pengertian dan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Lengkap
Gambar: Kalimat simpleks dan Kompleks

Contoh kalimat simpleks dan kompleks

Perhatikan contoh berikut ini!
1. Mangga dan Rambutan termasuk dalam jenis buah-buahan.
2. Mangga dan Rambutan yang berada di taman termasuk dalam jenis buah-buahan.

Kedua kalimat di atas termasuk contoh kalimat simpleks karena hanya memiliki satu verba utama yaitu ‘termasuk’ sedangkan kata ‘yang berada di taman’ pada contoh ke 2 bukanlah verba utama, namun kedudukannya hanyalah sebagai penjelas dari nomina yang berada di depannya.

Mangga dan Rambutan  termasuk dalam  jenis buah-buahan.
              S P (V)                       K

Perhatikan contoh berikut ini!
1. Kamu akan mendapat prestasi bila kamu belajar dengan rajin
2. Mangga kecil ini merupakan jenis mangga Indonesai dan yang besar tergolong mangga Bangkok.

Kedua kalimat di atas termasuk contoh kalimat kompleks karena memiliki lebih dari satu verba. Pada kalimat pertama memiliki verba ‘mendapat’ dan ‘belajar’ dengan konjungsi ‘apabila’.

Sedangkan pada kalimat kedua memiliki dua verba juga yaitu ‘jenis’ dan ‘tergolong’ dengan kata konjungsi ‘dan’.

2 Responses to "Pengertian dan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Lengkap"