loading...

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif Terlengkap

Setelah membahas macam-macam paragraf pada artikel-artikel terdahulu, seperti paragraf persuasi, peragraf argumentasi, paragraf eksposisi, paragraf deskripsi, paragraf narasi, maka pada kesempatan ini kami akan membahas tentang paragraf deduktif.

Apa pengertian paragraf deduktif? Sebutkan contoh – contoh paragraf deduktif? Sebutkan ciri – ciri paragraf deduktif?

Pertanyaan – pertanyaan tersebut akan kita jawab dan kita bahas pada artikel ini. Jadi, pembahasan pada artikel kali ini berkisar antara pengertian paragraf deduktif, contoh paragraf deduktif, ciri – ciri pragraf deduktif dan contoh paragraf deduktif tentang pendidikan.

Pengertian paragraf deduktif

Paragraf deduktif adalah pola penulisan paragraf yang mana kalimat utamanya berasa di awal paragraf. Atau dengan istilah lain bahwa paragraf deduktif adalah pola penulisan paragraf yang menyatakan dari hal yang umum (luas) ke hal yang khusus.

Kalau menurut kamus besar bahasa Indonesia, deduktif berarti bersifat deduksi. Dan deduksi sendiri pada kamus tersebut berarti penarikan kesimpulan dari keadaan yang umum ke yang khusus.
Kesimpulan yang mudah difahami untuk pengertian paragraf deduktif adalah paragraf yang diawali dengan menyampaikan permasalahan pokok atau kalimat utama yang bersifat umum kemudian diikuti dengan kalimat – kalimat penjelas yang bersifat khusus.
Atau bisa juga dimaknai bahwa paragraf deduktif adalah paragraf yang kesimpulannya berada di awal kalimat.
Macam - macam paragraf
Gambar: Contoh Paragraf Deduktif

Contoh paragraf deduktif


Contoh paragraf deduktif tentang problematika remaja

Penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan. Narkoba memiliki efek ketagihan dan setiap jenis dari narkoba memiliki efek yang berbeda beda diantaranya adalah dapat menyebabkan detak jantung yang lebih cepat dari normal bahkan banyak kasus orang yang menggunakan narkoba sampai mengalami kematian karena overdosis.

Contoh paragraf deduktif tentang lingkungan

Kebersihan sangat penting bagi kesehatan. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan baik itu dari makanan yang kita makan, kebersihan pakaian yang kita gunakan maupun lingkungan tempat tinggal kita. Sudah banyak orang yang terserang penyakit dikarenakan kurang menjaga kebersihan.

Contoh paragraf deduktif tantang masyarakat sosial

Indonesia adalah negara yang majemuk. Terdapat banyak agama dan kepercayaan dan selain itu suku budaya indonesia sangat beragam misalnya suku jawa, madura, batak, ambon dan masih banyak lagi suku - suku yang memiliki ciri khas masing – masing.

Contoh paragraf deduktif tentang pendidikan

Berpikir ilmah dapat ditanamkan kepada siswa sejak sekolah dasar. Bagaimana caranya? Misalnya, ajaklah siwa mengamati dan mencatat jenis dan jumlah tanaman toga yang ada di lingkungan sekolah. Pada saat siswa belajar di SMP. disini siswa diajak untukbereksperimen kecil dengan membuat percobaan sederhana. Ketika siswa belajar di SMA, berpikir ilmiah lebih ditekankan pada pengerjaan pelatihan  yang lebih bervariasi atau juga dapat mengembangkannya. Artinya, untukbelajar berpikir ilmiah, siswa tidak perlu menunggu menjadi mahasiswa yang belajar di universitas.

Contoh paragraf dedukti tentang lalu lintas

Setiap hari selalu terjadi kemacetan di Jakarta. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain yang pertama, jumlah armada yang banyak tidak seimbang dengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang paragraf deduktif yang dilengkapi dengan definisi dari paragraf deduktif, contoh paragraf deduktif baik dalam bidang pendidikan, kesehatan lingkukan, problematika remaja, kehidupan bernegara dan ketertiban lalulintas.

3 Responses to "Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif Terlengkap"