loading...

Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi (Naratif) secara Lengkap

Pada pembahasan sebelumnya, sudah dibahas tentang paragraf persuasi, paragraf argumentasi dan paragraf eksposisi, masing-masing juga dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas secara detail tentang paragraf narasi beserta contohnya secara lengkap.

Pembahasan ini berisi tentang pengertian paragraf narasi (naratif), contoh teks narasi, contoh paragraf narasi (naratif), ciri-ciri paragraf narasi (naratif), jenis-jenis paragraf narasi, tujuan paragraf narasi dan lain-lainnya.

Pengertian paragraf narasi (naratif)

Paragraf narasi adalah tulisan atau karangan yang berbentuk kisah yang tersusun secara kronologis (berdasarkan urutan waktu) sehingga menjadi suatu rangkaian.

Atau dengan pengertian lain, paragraf narasi adalah tulisan atau karangan atau peragraf yang bertujuan untuk menceritakan atau mengisahkan peristiwa tertentu berdasarkan urutan waktu.
Paragraf narasi harus mengungkapkan peristiwa secara kronologis (berurutan berdasarkan waktu) dari awal sampai akhir.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, narasi berarti pengisahan suatu cerita atau kejadian. Adapun naratif berarti bersifat narasi; bersifat menguaraikan, menjelaskan dan sebagainya atau prosa yang subjeknya merupakan suatu rangkaian kejadian.

Pada karangan narasi, kita harus dapat menyuguhkan tulisan yang membawa pembaca pada suatu cerita seperti yang kita alami.

Dengan demikian, para pembaca akan merasakan urutan waktu yang digambarkan dalam tulisan.
Urutan waktu yang didalamnya terdapat berbagai kegiatan tersebut akan menghasilkan tulisan naratif yang menarik untuk dibaca.
Macam - macam paragraf
Gambar: Contoh Paragraf Narasi

Langkah-langkah membuat tulisan naratif

Kegiatan menulis karangan atau paragraf naratif dilakaukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut;

1. Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif. Contohnya, kegiatan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
2. Menyusun kerangka peragraf naratif secara kronologis (berdasarkan urutan waktu dan peristiwa).

Contoh kerangka paragraf narasi (naratif)

Judul: Susur pantai Suak – Tarahan, rekreasi sekaligus petualangan

1. Waktu pelaksanaan

- Kegiatan acara susur pantai Suak – Tarahan
- Kegiatan penyusuran

2. Konsep acara

- Tujuan acara
- peserta

3. pelaksana

- Babul Hikmah Adventure Team (BAT)

4. Pelaksaan kegiatan

- Penataan tempat
- Membersihkan sampah

5. Kegiatan lain

- Diskusi
- Kegiatan lanjutan

Contoh paragraf narasi

“Susur Pantai Suak – Tarahan” BAT
Rekreasi sekaligus petualangan

Minggu, 10 Mei 2015, pukul 06.00 pagi, peserta perjalanan surur pantai Suak – Tarahan sudah mulai berkumpul di sekretariat BAT (Babul Hikmah Advnture Team). Satu jam kemudian, rombongan berangkat menuju pantai Suak, dengan menggunakan minibus carry. Hujan deras mengguyur para rombongan saat tiba di pantai Suak, tepatnya pukul 08,00 pagi. 

Setelah melakukan sedikit persiapan dan pengecekan, perjalananpun dimulai. Derasnya air hujan dan terjalnya pantai yang bertebing tidak mengecilkan hati para peserta perjalanan surur pantai. Acara susur pantai Suak – Tarahan ini merupakan salah satu acara rutin tahunan dari BAT (Babul Hikmah Adventure Team). Acara susur pantai kali ini hanya diikuti oleh 15 orang.

Para anggota BAT mengikuti kegiatan susur pantai dengan penuh semangat. Mereka tidak menyangka bahwa dengan menyusuri pantai dapat menjadi ajang rekreasi dari rutinitas kegiatan pembelajaran di kelas sehari-hari.

Selain menyusuri pantai dan menikmati indahnya pemandangan pantai dan lautan yang terbentang luas, para peserta juga diajak untuk mengambil sampah-sampah yang mencemari pantai sepanjang perjalanan.

Setelah lebih kurang 5 jam menyusuri pantai Suak – Tarahan dan berbasah ria tentunya, tepatnya pukul 13.00 siang para rombonga telah sampai di desa Tarahan yang menjadi tempat finish kegiatan penelusuran tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan acara diskusi dan ramah tamah serta persiapan untu pulang karena mobil jemputan sudah menunggu.

Demikian Pembahasan tentang pengertian paragraf narasi (naratif), contoh paragraf narasi (naratif), ciri-ciri paragraf narasi (naratif), jenis-jenis paragraf narasi, tujuan paragraf narasi dan lain-lainnya.

1 Response to "Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi (Naratif) secara Lengkap"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete