loading...

Pengertian dan Contoh Paragraf Persuasif

Melalui artikel ini, Anda akan semakin mendalami tentang pengertian paragraf persuasif, ciri-ciri dan contoh paragraf atau karangan persuasif.

Berbeda dengan paragraf atau karangan argumentatif, paragraf persuasif ini memiliki tujuan yang lebih. Jadi, apa yang dimaksud dengan paragraf persuasif? Apa saja ciri-ciri untuk membuat paragraf atau karangan persuasif?

Pengertian paragraf persuasif (paragraf persuasi)

Paragraf persuasif adalah bentuk karangan atau paragraf yang memiliki tujuan untuk meyakinkan orang lain baik pendengar maupun pembacanya untuk melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh penulis dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik.

Dalam paragraf persuasif, penulis memasukkan dalam tulisannya dengan unsur-unsur opini, data, fakta dan alasan yang kuat sebagai penyokong opini tersebut. Berbeda dengan tulisan atau paragraf manipulatif yang mana teksnya mengandung alasan-alasan implisit.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, persuasif berarti membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Dari sumber yang sama, persuasi berarti ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik agar dapat meyakinkannya.

Ciri-ciri paragraf persuasif

Berdasarkan berbagai pengertian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa paragraf persuasif memiliki ciri-ciri sebagai berikut;

1. Isi dari paragraf persuasif berusaha untuk meyakinkan orang lain baik pembaca maupun pendengarnya.

2. Isi dari paragraf persuasif berusaha untuk membuat orang lain (pembaca dan pendengar) untuk tergerak melakukan hal-hal yang diinginkan dan dikehendaki oleh penulis.
Macam-macam Paragraf
Gambar:Paragram Persuasif

Contoh tulisan persuasif dalam kehidupan sehari-hari

Contoh-contoh bentuk tulisan persuasif dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemui dalam tulisan sebagai berikut;
1. Iklan dalam surat kabar untuk mempromosikan barang dagangannya
2. Propaganda yang dilakukan oleh badan, lembaga atau perorangan
3. Kampanye untuk mebujuk pemilih partai tertentu sebanyak-banyaknya
4. Selebaran-selebaran dan pamflet

Bentuk pendekatan yang digunakan dalam membuat tulisan atau paragraf persuasif adalah;

1. Pendekatan emotif, yaitu bentuk pendekatan yang bertujuan untuk membangkitkan dan merangkasang emosi pembaca atau pendengarnya.

2. Pendekatan rasional, yaitu bentuk pendekatan yang didalamnya berisi tentang fakta-fakta untuk meyakinkan pembaca atau pendengarnya.

Teknik membuat tulisan atau paragraf persuasif

Untuk dapat membuat tulisan atau paragraf persuasif yang baik dibutuhkan beberapa teknik sebagai berikut;

1. Rasionalisasi

Rasionalisasi adalah proses penggunaan akal untuk meberikan dasar pembenaran terhadap suatu persoalan yang berfungsi untuk memudahkan jalan agar keinginan, sikap, keputusan atau tindakan yang telah ditetapkan dapat dibenarkan.

2. Sugesti

Sugesti adalah bentuk usaha untuk membujuk dan mempengaruhi orang lain agar menerima prinsip dan pendirian kita dengan menggunakan rangkaian kata-kata yang menarik dan meyakinkan.

Kata kunci dalam paragraf persuasif

Untuk lebih mendekatkan pada tujuannya, maka dalam membuat atau menulis paragaraf persuasif hendaklah menggunakan beberapa kata penghubung antar kalimat atau antarklausa, yaitu karena, jika, kalau, seperti, oleh karena itu, maka dan lain-lain.

Contoh paragraf persuasif

Jika anda memiliki hoby mendaki gunung, tentunya anda memiliki banyak persiapan untuk itu. Persiapan yang paling penting adalah kesehatan fisik. Anda tidak akan mungkin melakukan pendakian gunung jika dalam keadaan tubuh kurang fit atau bahkan sakit. Oleh karena itu, kami menciptakah sebuah produk multivitamin terbaik. Selain vitamin A, B kompleks, dan vitamin C, multivitamin ini juga diperkaya dengan vitamin D yang dapat menguatkan tulang, serta vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit anda. Dengan tubuh yang sehat dan fisik yang bugar, pendakian anda akan lebih berkesan. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda ketikan pendakian jangan lipa membawa Muxlim-D dan dapatkan di apotik-apotik terdekat di kota anda.

Demikian pembahasan lengkap tentang paragraf persuasif, pengertian paragraf persuasif, ciri-ciri paragraf persuasif, tips menulis paragraf persuasif dan contoh paragaraf persuasif.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Paragraf Persuasif"

Post a Comment