loading...

Pengertian dan Contoh Surat Pembaca

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian surat pembaca, contoh surat pembaca, cotoh menulis surat pembaca, contoh surat pembaca singkat, contoh surat pembaca sekolah, contoh surat pembaca kompas dan hal-hal yang terkait dengan surat pembaca.

Pengertian surat pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, majalah yang berisi tanggapan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain.

Surat pembaca merupakan surat terbuka yang isinya dapat dibaca oleh siapa saja serta dapat ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi.

Seperti surat pada umumnya, struktur surat pembaca terdiri atas tiga bagian: pendahuluan, isi, dan penutup.
Pengertian dan Contoh Surat Pembaca
Surat Pembaca

Contoh surat pembaca


Mencari Begawan KKN

Pada 17 Agustus 2007 nanti, 62 tahun sudah usia kemerdekaan negara kita. Usia yang seharusnya dapat disebut matang kalau saja itu usia manusia. Dalam waktu sepanjang itu, bangsa ini sudah melahirkan sejumlah pahlawan. Di antaranya pahlawan nasional, pahlwan proklamator, pahlawan wanita, pahlawan tanpa tanda jasa, pahlawan devisa, dan pahlawan reformasi.

Kita juga punya begawan ekonomi, guru-guru bangsa, Bapak Pembangunan, dua Jenderal Besar, dan enam presiden. Rupanya, yang kita punya di atas belum cukup untuk membawa bangsa ini menikmati kesuburan negeri.

Lalu, apa yang kurang? Rupanya, sekarang ini kita telah lupa bahwa segala sesuatu selalu punya dua sisi yang berbeda. Gelap dan terang. Kalau begitu, catatan di atas hanyalah sisi terangnya. Untuk melengkapi, marilah kita lihat sisi gelapnya.

Kepahlawanan selalu bercirikan pengorbanan. Kebalikan kepahlawanan adalah pengkhianatan. KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) adalah pengkhianatan. KKN telah melilit begitu kuat dalam penyelenggaraan negara, sampai-sampai tidak terberantaskan sehingga negeri ini jadi terpurukberkepanjangan. Jadi, sudah saatnya, sesuai dengan kondisi bangsa dan negara saat ini, pada 17 Agustus nanti, kita menganugerahkan gelar "Begawan KKN" kepada yang pantas menerimanya.

Lalu, siapa orangnya? Marilah kita cari bersama-sama.

Tjuk Warsono, Jl. Samratulangi II/29 B, Kediri 64126.

Sumber : Jawa Pos, 11 Agustus 2007.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Surat Pembaca"

Post a Comment