loading...

Pengertian dan Unsur-unsur Tabung serta Contoh Benda yang berbentuk Tabung

Pada postingan kali ini ada tiga point besar, yaitu tentang pengertian tabung, contoh benda yang berbentuk tabung dalam kehidupan sehari-hari dan unsur-unsur tabung.

Pengertian tabung

Istilah lain dari tabung adalah silinder. Tabung adalah bangur ruang yang memiliki bidang atau sisi alas dan bidang atas yang berbentuk lingkaran dengan ukuran yang sama dan sebangun.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, tabung berarti bambu seruas atau lebih untuk menaruh sesuatu, tempat sesuatu yang bentuknya seperti bumbung, celengan tempat penyimpanan uang dan silinder dalam mesing.

Contoh benda yang berbentuk tabung

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali mendapati contoh benda-benda yang berbentuk tabung, seperti; kaling cat, kaleng susu, tabung gas LPG, kaleng roti, alat pemadam kebakaran, alat pemadam api ringan, tabung pemadam kebakaran dan laing-laing.

Jenis-jenis tabung

Pada tabung terdapat beberapa jenis, diantaranya;

- Tabung tertutup

Tabung tertutup adalah tabung yang seluruh bidan atau sisinya tertutup,

- Tabung terbuka

Tabung terbukan adalah tabung yang salah satu sisi alasnya atau sisi atapnya terbuka atau bahkan kedua-duanya antara sisi alas dan sisi atapnya terbuka.

Unsur-unsur tabung

Untuk lebih jelas dan memudahkan memahami penjelasan tentang unsur-unsur tabung, silahkan perhatikan gambar di bawah ini dengan cermat!

Pengertian dan Unsur-unsur Tabung serta Contoh Benda yang berbentuk Tabung
Gambar: Tabung ABCD

Berdasarkan gambar tabung tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur tabung adalah terdiri dari beberapa hal berikut ini:

a. Sisi alas, yaitu sisi yang berbentuk lingkaran dengan pusat P1, dan sisi atas, yaitu sisi yang berbentuk lingkaran dengan pusat P2.

b. Selimut tabung, yaitu sisi lengkung tabung (sisi yang tidak diraster).

c. Diameter lingkaran alas, yaitu ruas garis AB, dan diameter lingkaran atas, yaitu ruas garis CD.

d. Jari-jari lingkaran alas (r), yaitu garis P1A dan P1B, serta jari-jari lingkaran atas (r), yaitu ruas garis P2C dan P2D.

e. Tinggi tabung, yaitu panjang ruas garis P2P1, DA, dan CB.

Demikian pembahasan tentang pengertian tabung, unsur-unsur tabung, jenis-jenis tabung dan contoh benda yang berbentuk tabung dalam kehidupan sehari-hari.

0 Response to "Pengertian dan Unsur-unsur Tabung serta Contoh Benda yang berbentuk Tabung"

Post a Comment