loading...

Pengertian Kerucut, Unsur-unsur Kerucut dan Jaring-jaring Kerucut

Postingan kali ini merupakan pembahasan lengkap tentang kerucut, pengertian kerucut, unsur-unsur kerucut dan jaring-jaring kerucut.

Pengertian kerucut

Kerucut adalah bangun ruang sisi lengkung yang menyerupai limas segi-n beraturan yang bidang alasnya berbentuk lingkaran.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kerucut berarti gulungan meruncing dari kertas atau daun atau kelopak bamu untuk tempat kacang dan sebagainya.

Atau pengertian lain menurut sumber yang sama, bahwa kerucut adalah benda atau ruang yang beralas bundar dan merunjung sampai ke satu titik.

Asal-usul kerucut

Kerucut dapat dibentuk dari sebuah segitiga siku-siku yang diputar sejauh 360 derajat, dimana sisi siku-sikunya sebagai pusat putaran.

Perhatikan gambar berikut ini!

Pengertian Kerucut, Unsur-unsur Kerucut dan Jaring-jaring Kerucut
Gambar: Asal Kerucut

Kerucut pada gambar tersebut di atas dibentuk dari segitiga siku-siku TOA yang diputar satu putaran penuh (360 derajat) dengan sisi TO sebagai pusat putaran.

Unsur-unsur kerucut

Perhatikan gambar kerucut berikut ini!

Pengertian Kerucut, Unsur-unsur Kerucut dan Jaring-jaring Kerucut

Berdasarkan gambar kerucut tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa kerucut tersebut memiliki unsur-unsur sebagai berikut;

a. Bidang alas, yaitu sisi yang berbentuk lingkaran (daerah yang diarsir).
b. Diameter bidang alas (d), yaitu ruas garis AB.
c. Jari-jari bidang alas (r), yaitu garis OA dan ruas garis OB.
d. Tinggi kerucut (t), yaitu jarak dari titik puncak kerucut ke pusat bidang alas (ruas garis CO).
e. Selimut kerucut, yaitu sisi kerucut yang tidak diarsir.
f. Garis pelukis (s), yaitu garis-garis pada selimut kerucut yang ditarik dari titik puncak C ke titik pada lingkaran.

Hubungan antara r, s, dan t pada kerucut tersebut di atas dapat dinyatakan dengan persamaan-persamaan berikut, yang bersumber dari teorema pythagoras, yaitu:
s2 = r2 + t2
r2 = s2 − t2
t2 = s2 − r2

Jaring-jaring kerucut

Tidak banya jenis dan model untuk jaring kerucut, karena kerucut merupakan bangun ruang sisi lengkung yang bentuknya sangat relatif.

Berikut ini merupakan salah satu contoh jaring-jaring pada kerucut, sebenarnya masih dapat dikembangkan menjadi model-model yang lain.

Pengertian Kerucut, Unsur-unsur Kerucut dan Jaring-jaring Kerucut

Demikian pembahasan secara sederhana namun lengkap tentang pengertian kerucut, unsur-unsur kerucut dan jaring-jaring kerucut.

Silahkan baca artikel terkait dengan kerucut yaitu tentang rumus luas permukaan kerucut dan volume kerucut dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasannya.

1 Response to "Pengertian Kerucut, Unsur-unsur Kerucut dan Jaring-jaring Kerucut"