loading...

Pengertian Paragraf dan Macam – Macam Paragraf secara Lengkap

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang pengertian paragraf dan macam – macam paragraf atau jenis – jenis paragraf serta ciri-ciri paragraf yang baik.

Pengertian paragraf

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, paragraf adalah bagian dari dari suatu karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru atau alenia baru.

Pragraf adalah merupakan suatu kumpulan atau kesatuan pikiran yang lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Atau definisi paragraf adalah bagian yang berasal dari suatu karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat, yang isinya mengungkapkan satuan informasi/kalimat dengan pikiran utama sebagai pengendaliannya dan juga pikiran penjelas sebagai pendukungnya.

Paragraf dapat terdiri dari satu kalimat/kumpulan kalimat, Akan tetapi kalimat yang berhubungan antara yang satu dengan yang lain dalam suatu rangkaian yang membentuk suatu kumpulan kalimat, dan dapat disebut juga dengan penuangan ide dari penulis melalui kalimat/kumpulan kalimat yang satu dengan yang lainnya, yang berkaitan dan juga hanya memiliki satu tema. Paragraf juga dapat disebut sebagai karangan yang singkat.
Macam – Macam Paragraf
Gambar: Jenis-jeis paragraf

Ciri-ciri paragraf yang baik

Paragraf yang bagus, didalamnaya mengandung ciri-ciri sebagai berikut;
1. Kalimat pertama letaknya agak ke dalam (menjorok ke dalam) sejauh lima ketukan spasi untuk jenis karangan biasa.
2. Biasanya setiap paragraf mengandung satu ide pokok atau satu pikiran utama.
3. Paragraf memakai sebuah kalimat topik dan juga selebihnya merupakan kalimat pengembang yang mempunyai fungsi menjelaskan, menguraikan ataupun menerangkan pikiran utama yang terdapat dalam kalimat topik.
4. Paragraf memakai pikiran penjelas yang dinyatakan dalam kalimat penjelas. Kalimat tersebut berisi mengenai detail-detail kalimat topik. Paragraf bukanlah kumpulan kalimat topik. Paragraf hanya berisikan satu kalimat topik dan juga beberapa kalimat penjelas. Setiap kalimat penjelas berisi mengenai detail yang sangat spesifik serta tidak mengulang pikiran penjelas lainnya.

Jenis – Jenis paragraf (Macam – macam paragraf)

1. Paragraf narasi
2. Paragraf persuasi
3. Paragraf eksposisi
4. Paragraf argumentasi
5. Paragraf deskripsi
6. Paragraf deduktif
7. Paragraf induktif
8. Paragraf analogi
9. Paragraf generalisasi
10. Paragraf campuran


Demikian pembahasan lengkap tentang paragraf, penertian paragraf, jenis – jenis paragraf dan macam – macam paragraf serta ciri – ciri paragraf yang baik.

1 Response to "Pengertian Paragraf dan Macam – Macam Paragraf secara Lengkap"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete