loading...

Pengertian Puisi Terlengkap (Baru, Kontemporer, Modern, Lama, Bebas, Balada dll)

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian puisi dengan berbagai jenis dan macamnya, diantaranya; pengertian puisi bebas, pengertian puisi berpola, pengertian puisi dramatik, pengertian puisi lama dan pengertian puisi mbeling.


Puisi merupakan bagian dari karya sastra yang memiliki ciri dan karakter yang membedakan dengan bentuk karya sastra lainnya. Dalam puisi terdapat adanya aturan mengenai persajakan, rima, dan kebaitan.

Adapun antologi puisi adalah buku yang memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair. Biasanya dalam sebuah antologi puisi terdapat banyak puisi.

Pengertian puisi

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait, atau dapat diartikan juga bahwa puisi adalah gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

Macam-macam puisi


Pengertian puisi bebas

Puisi bebas adalah puisi yang tidak terikat oleh rima dan matra, serta tidak terikat oleh jumlah larik dalam setiap bait dan jumlah suku kata dalam setiap larik.

Pengertian puisi berpola

Puisi berpola adalah puisi yang mencakupi jenis sajak yang susunan lariknya berupa bentuk geometris, seperti belah ketupat, jajaran genjang, bulat telur, tanda tanya, tanda seru ataupun bentuk lain.

Pengertian puisi dramatik

Puisi dramatik adalah puisi yang memiliki persyaratan dramatik yang menekankan tikaian emosional atau situasi yang menegangkan.

Pengertian puisi lama

Puisi lama adalah puisi yang belum dipengaruhi oleh puisi barat, seperti pantun, gurindam, syair, mantra, dan bidal.

Pengertian puisi baru

Pusi baru atau puisi modern atau puisi kontemporer adalah bentuk puisi yang lebih bebas daripada puisi lama serta tidak terikat pada aturan-aturan jumlah baris, rima atau ikatan lainnya sebagaimana puisi lama.

Pengertian puisi mbeling

Puisi mbeling adalah sajak ringan yang tujuannya membebaskan rasa tertekan, gelisah, tegang dan sejenisnya, puisi mbeling biasa juga disebut sebagai puisi dengan sajak main-main.

Pengertian Puisi Terlengkap (Baru, Kontemporer, Modern, Lama, Bebas, Balada dll)
Pengertian Puisi

Pengertian istilah-istilah dalam puisi


1. Rima

Pengertian Rima adalah pengulangan bunyi yang berselang, baik di dalam larik sajak maupun pada akhir larik sajak yang berdekatan; macam-macam rima adalah sebagai berikut;
- Rima akhir: rima yang terdapat pada akhir larik sebuah sajak
- Rima berpeluk: rima akhir pada bait berlarik genap, yang larik pertamanyya berima dengan larik ketiga dan larik keduanya berima dengan larik keempat.
- Rima dalam: rima antara dua kata atau lebih dalam satu larik sajak
- Rima ganda: rima yang terdiri atas dua suku kata, tetapi hanya suku kata pertama yang mendapat tekakan
- Rima tengah: rima antara suku kata pada posisi yang sama, yang terdapat pada dua kata dalam satu larik sajak

2. Sajak 

Pengertian sajak adalah gubahan sastra yang berbentuk puisi, atau bentuk karya sastra yang penyajiannya dilakukan dalam baris-baris yang teratur dan terikat atau gubahan karya sastra yang sangant mementingkan keselarasan bunyi bahasa, baik pada kesepadanan bunyi, kekontrasan, maupun kesamaan.

3. Pantun

Pengertian pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu), tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yg bersajak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

4. Gurindam

Pengertian gurimdam adalah sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat, contoh: baik-baik memilih kawan, salah-salah bisa jadi lawan.

5. Matra

Pengertian matra adalah ukuran banyaknya tekanan irama dalam musik atau bagan yang dipakai dalam penyusunan baris sajak yang berhubungan dengan jumlah, panjang, atau tekakan suku kata.

6. Bidal

Pengertian bidal adalah peribahasa atau pepatah yang mengandung nasihat, peringatan, sindiran dan lain-lain.

7. Bait

Pengertian bait adalah satu kesatuan dalam puisi yang terdiri atas beberapa baris, seperti pantun yang terdiri atas empat baris.

Demikian pengertian puisi secara lengkap dengan berbagai jenisnya serta beberapa istilah yang berhubungan dengan puisi.

0 Response to "Pengertian Puisi Terlengkap (Baru, Kontemporer, Modern, Lama, Bebas, Balada dll)"

Post a Comment