Struktur Tulisan Resensi buku

Pada pembahasan sebelumnya tentang pengertian resendi buku, cara membuat resensi buku, panduan langkah-langkah dalam membuat resensi buku serta contoh resensi buku terlengkap.

Kali ini kita akan mengkaji struktur penulisan resensi buku secara detail. Sebuah resensi berisi tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup.

Struktur Penulisan Resensi Buku

a. Bagian Pendahuluan

Bagian ini berisi karakteristik fisik sebuah buku yang diresensi. Pada bagian ini akan diinformasikan secara objektif tentang identitas buku. Informasi yang harus disampaikan meliputi judul, penulis, penyunting (jika ada), penerbit, tahun terbit, cetakan keberapa, dan tebal buku.

Informasi pada pendahuluan ini bersifat faktual, menginformasikan apa adanya tentang identitas sebuah buku.

Struktur Tulisan Resensi buku
Resensi

b. Bagian Isi

Bagian isi sebuah resensi berisi ulasan tentang judul buku, paparan singkat isi buku, gambaran secara keseluruhan isi buku, informasi tentang latar belakang serta tujuan penulisan buku.

Pada bagian ini juga perlu diulas tentang gaya penulisan buku, membandingkan antara buku yang diresensi dengan buku lain yang memiliki tema sama. Dapat juga membandingkan dengan buku lain yang ditulis oleh penulis yang sama dengan buku yang diresensi.

c. Bagian Penutup

Bagian penutup berisi penilaian terhadap kualitas isi buku secara keseluruhan, menilai kelebihan atau kekurangan isi buku, baik dari isinya, tampilannya, maupun kebakuan bahasa yang digunakan. Kritik atau saran kepada penulis atau penerbit dapat disampaikan dalam bagian ini.

Penulis resensi juga dapat memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang perlu tidaknya pembaca membaca atau memiliki buku tersebut.

Dengan berbagai ulasan dan pertimbangan yang diberikan, resensi dapat berguna bagi pembaca sekaligus bagi penulis dan penerbit.

Bagi pembaca resensi sangat bermanfaat untuk mempertimbangkan matang-matang perlu tidaknya memiliki buku yang terbit, sedangkan bagi penerbit dan penulis resensi sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan menyempurnakan buku yang ditulis dan diterbitkan itu.

Komentar ditutup.