loading...

Unsur-unsur prisma

Setelah memahami tentang pengertian prisma beserta jenis-jenisnya, selanjutnya kita akan melanjutkan pembahasan tentang unsur-unsur prisma.

Pada pembahasan tentang jenis-jenis prisma telah disebutkan bahwa prisma memiliki bermacam bentuk, diantaranya;
- Prisma segitiga
- Prisma segi lima
- Prisma segi enam
- Dan lain-lain

Pada pembahasan tentang unsur-unsur prisma ini, kami akan memfokuskan pada jenis prisma dengan bentuk prisma segi enam.

Unsur-unsur prisma segi enam

Untuk lebih memudahkan dalam memahami unsur-unsur prisma segi enam, silahkan perhatikan gambar berikut ini!

Unsur-unsur prisma
Gambar: Prisma segi enam ABCDEF.GHIJKL

Diantara unsur-unsur prisma adalah sebagai berikut;

1. Sisi atau Bidang

Terdapat 8 sisi atau bidang yang dimiliki oleh prisma segienam, yaitu;
1. Sisi ABCDEF (sisi alas),
2. Sisi GHIJKL (sisi atas),
3. Sisi BCIH (sisi depan),
4. Sisi FEKL (sisi belakang),
5. Sisi ABHG (sisi depan kanan),
6. Sisi AFLG (sisi belakang kanan),
7. Sisi CDJI (sisi depan kiri), dan
8. Sisi DEKJ (sisi belakang kiri).

2. Rusuk

Dari Gambar tersebut di atas , terlihat bahwa prisma segienam ABCDEF.GHIJKL memiliki 18 rusuk, 6 di antaranya adalah rusuk tegak. Rusuk-rusuk tersebut adalah AB, BC, CD, DE, EF, FA, GH, HI, IJ, JK, KL, LG, dan rusuk-rusuk tegaknya adalah AG, BH, CI, DJ, EK, FL.

3. Titik Sudut

Prisma segienam ABCDEF.GHIJKL memiliki 12 titik sudut. Dari Gambar tersebut di atas, terlihat bahwa titik-titik sudut tersebut adalah A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, dan L. Selain unsur-unsur yang telah disebutkan, prisma pun memiliki istilah diagonal bidang dan bidang diagonal. Untuk lebih jelasnya, coba kamu perhatikan dan pelajari uraian berikut.

4. Diagonal Bidang

Coba kamu perhatikan prisma segienam ABCDEF. GHIJKL pada Gambar tersebut. Dari gambar tersebut terlihat ruas garis BG yang terletak di sisi depan kanan (sisi tegak) ditarik dari dua titik sudut yang saling berhadapan sehingga ruas garis BG disebut sebagai diagonal bidang pada bidang prisma segienam ABCDEF. GHIJKL.

Begitu pula dengan ruas garis CJ pada bidang CDIJ. Ruas garis tersebut merupakan diagonal bidang pada prisma segienam ABCDEF. GHIJKL. Pada prisma segi enam ABCDEF. GHIJKL memiliki 16 diagonal bidang atau diagonal sisi.

5. Bidang Diagonal

Sekarang, coba kamu perhatikan prisma segienam ABCDEF.GHIJKL pada Gambar tersebut diatas. Pada prisma segienam tersebut, terdapat dua buah diagonal bidang yang sejajar yaitu BI dan FK.

Kedua diagonal bidang tersebut beserta ruas garis KI dan FB membentuk suatu bidang di dalam prisma segienam ABCDEF.GHIJKL. Bidang tersebut adalah bidang BFKI yang merupakan bidang diagonal prisma segienam. Coba kamu sebutkan bidang diagonal yang lain dari prisma segienam pada Gambar tersebut di atas!

6. Diagonal Ruang

Selain diagonal bidang dan bidang diagonal, pada prisma segi enam juga terdapat diagonal ruang. Untuk prisma segi enam ABCDEF.GHIJKL memiliki 36 diagonal ruang AI, AJ, AK, BJ, BK, BL dan seterusnya.

Silahkan baca juga:
1. Pengertian prisma dan jenis-jenisnya
2. Sifat-sifat prisma
3. Jaring-jaring prisma
4. Rumus luas permukaan dan volume prisma beserta contoh soalnya

0 Response to "Unsur-unsur prisma"

Post a Comment