loading...

3 Macam Kegiatan Ekonomi beserta Contohnya

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian kegiatan ekonomi, macam-macam kegiatan ekonomi atau jenis kegiatan ekonomi, contoh kegiatan ekonomi, dan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi.

Pada pembahasan sebelumnya kamu telah mengetahui di kawasan-kawasan mana saja permukiman-permukiman penduduk di Indonesia tersebar.

Satu hal yang perlu diingat, kawasan-kawasan tersebut ternyata dipilih karena dapat menunjang kegiatan keseharian, terutama kegiatan yang menunjang ekonomi mereka.

3 Kegiatan Pokok Ekonomi

Dalam kehidupannya, manusia tidak bisa dilepaskan dari kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang maupun jasa. Ketiganya disebut sebagai kegiatan pokok ekonomi, mengingat kegiatan itu tidak bisa dilepaskan dari keseharian kehidupan manusia dan dilakukan demi mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan ketiga kegiatan tersebut dalam pembahasan berikut ini.

1. Konsumsi

Setiap hari kamu melakukan kegiatan konsumsi. Saat belajar, kamu menggunakan buku tulis, buku pelajaran, maupun pulpen. Sebelum berangkat sekolah, kamu pasti akan menyempatkan untuk makan pagi. Itu semua menunjukkan contoh kegiatan kamu berlaku konsumsi.

Ketika tidur pun kamu juga melakukan konsumsi, karena kamu memakai selimut dan tempat tidur sebagai alas tidurmu.

Jadi, konsumsi adalah kegiatan manusia memakai, memanfaatkan barang atau mengurangi nilai guna barang, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Secara langsung artinya mengurangi nilai barang sekaligus dan tidak dapat dipakai lagi, misalnya makanan yang sudah terlanjur kita makan tidak dapat dikonsumsi lagi.

Adapun secara tidak langsung artinya mengurangi nilai guna barang secara berangsur-angsur seperti pakaian atau mobil yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama sehingga nilai guna barangnya tidak sekaligus habis namun masih bisa dipakai berkali-kali.
3 Macam Kegiatan Ekonomi beserta Contohnya
Foto: Contoh Kegiatan Ekonomi Pasar terapung

2. Produksi

Produksi berasal dari bahasa Inggris, to produce yang artinya membuat atau menghasilkan. Dalam ilmu ekonomi, kata produksi mempunyai arti kegiatan manusia menghasilkan barang/jasa atau menambah nilai guna barang atau jasa.

Produksi tidak semata-mata membuat barang baru, tapi juga menambah nilai guna barang yang telah ada agar mampu memenuhi kebutuhan manusia secara maksimal.

Kesimpulannya bahwa produksi adalah kegiatan manusia menghasilkan atau menambah nilai guna barang /jasa.

3. Distribusi

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan atau menyampaikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Salah satu keunikan distribusi yaitu mampu memberikan manfaat kepada semua pelaku kegiatan ekonomi, baik produsen, konsumen, distributor sendiri, maupun kepada masyarakat.

0 Response to "3 Macam Kegiatan Ekonomi beserta Contohnya"

Post a Comment