loading...

5 Cara Penyebaran Islam di Indonesia

Setelah Agama Islam masuk ke Indonesia, Ajaran Islam mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Bagaimanakan cara penyebaran agama Islam di Indonesia?

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang proses perkembangan Islam di Indonesia, cara dan proses penyebaran Islam di Indonesia dan sejarah penyebaran Islam di Indonesia.

Proses persebaran Islam berjalan lancar karena beberapa sebab, di antaranya proses masuk Islam yang sangat mudah, yakni hanya dengan mengucap dua kalimat syahadat, maka seseorang sudah dianggap beragama Islam.

Kemudian, tata cara ibadah dalam Islam lebih sederhana bila dibandingkan dengan berbagai upacara keagamaan dalam Hindu dan Buddha. Selain itu, Islam tidak mengenal pengelompokan masyarakat semacam sistem kasta.

5 Proses penyebaran Islam di Indonesia

Di samping itu, hal-hal lain yang turut menunjang proses penyebaran Islam di antaranya melalui perdagangan, pernikahan, pendidikan, politik, dan kebudayaan.

a. Melalui perdagangan

Persebaran terjadi karena adanya interaksi antara pedagang-pedagang Islam dengan penduduk Indonesia. Atau sebaliknya, pedagang-pedagang Indonesia yang melakukan kunjungan ke Arab.
5 Cara Penyebaran Islam di Indonesia
Gambar: Contoh cara penyebaran Islam di Indonesia (perdagangan)

b. Melalui pernikahan

Para pedagang Islam umumnya merupakan orang-orang kaya dan terpandang dengan budi bahasa yang santun dan jujur. Oleh karena itu, penduduk setempat tertarik untuk menikahkan putri-putrinya dengan para pedagang muslim tersebut.

Atau sebaliknya, para pedagang muslim yang menikahkan kerabat perempuannya dengan para penguasa lokal. Karena pernikahan tersebut, maka terbentuk keluarga Islam yang kemudian berkembang menjadi perkampungan muslim.

c. Melalui Pendidikan

Penyebaran melalui cara pendidikan langsung, umumnya dilakukan oleh para ulama yang datang ke Indonesia untuk menyebarkan Islam.

Para ulama tersebut kemudian mendirikan pesantren atau sekolah. Keberadaan pesantren dan sekolah pada akhirnya mengarahkan penduduk di kawasan tersebut untuk memeluk Islam.

d. Melalui Politik

Proses penyebaran Islam secara politis, umumnya melalui para penguasa. Karena mereka mempunyai pengaruh besar dalam masyarakat, maka keberadaannya sangat disegani oleh rakyat.

Hal ini berakibat semakin luas pengaruh politiknya, semakin luas pula penyebaran pengaruh Islam.

e. Melalui Kebudayaan

Penyebaran Islam melalui cara kebudayaan, dilakukan oleh para tokoh dan seniman dengan menyisipkan ajaran dan nilai-nilai Islam dalam setiap pertunjukan kesenian.

Dengan demikian Islam lebih mudah diterima, sekaligus memperkaya budaya masyarakat setempat.

0 Response to "5 Cara Penyebaran Islam di Indonesia"

Post a Comment