loading...

7 Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi

Konsumsi merupakan salah satu kegiatan pokok ekonomi diantara 3 kegitatan pokok ekonomi yang lain yaitu produksi dan distribusi.

Setiap orang melakukan kegiatan konsumsi pada tingkat atau jumlah yang berbeda. Hal ini disebabkan faktor- faktor sebagai berikut.

1) Tingkat pendapatan

Dalam ilmu Ekonomi, terdapat rumus sederhana persamaan pendapatan sebagai berikut.

7 Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi
Gambar: Tingkat Pendapatan

2) Selera

Kegiatan konsumsi membutuhkan pengorbanan, karena itu konsumen akan berusaha memenuhi kebutuhan sesuai dengan kesenangan atau seleranya.

3) Latar belakang budaya, adat istiadat, keluarga, dan agama

Adanya hari peringatan keagamaan atau ritual tertentu dalam agama, menyebabkan penganutnya melakukan konsumsi lebih tinggi dari biasanya.

4) Faktor biologis (usia, jenis kelamin, dan tinggi badan)

Setiap manusia mempunyai karakteristik biologi yang berbeda, karena itulah secara langsung maupun tidak langsung memengaruhi tingkat konsumsi.

5) Motif

Dorongan atau alasan seseorang dalam melakukan konsumsi akan berpengaruh pada tingkat konsumsi.

6) Ramalan masa depan

Ramalan masa depan, baik yang berasal dari isu atau data dan fakta yang akurat, langsung atau tidak langsung akan memengaruhi tingkat konsumsi.

7) Harga barang

Jika pendapatan tetap sedangkan harga barang naik, maka kegiatan konsumsinya akan turun. Sebaliknya, jika pendapatan tetap sedangkan harga barang turun, maka akan meningkatkan kegiatan konsumsi.

0 Response to "7 Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi"

Post a Comment