loading...

Cara Mendapatkan Peta Topografi yang Beredar di Indonesia

Setelah mengetahui pengertian peta topografi dan pembagian / macam-macam peta topografi, pada kesempatan ini saya akan sedikit sharing tentang cara mengetahui asal-usul dan keberadaan peta topografi.

Pengguna peta topografi di Indonesia dari kalangan sipil, pecinta alam dan yang lainnya pada umumnya menggunakan tiga jenis peta topografi, yaitu peta topografi U.S AMS (atau biasa disebut peta AMS), Jantop TNI AD, dan RBI Bakosurtanal.

Dari ketiga jenis peta ini, hanya peta Jantop TNI AD yang memerlukan perizinan khusus untuk mendapatkannya. Ketiga jenis peta topografi tersebut dalam penggunaannya dan berbagai hal yang menyertainya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung untuk tujuan apa peta tersebut dipergunakan, namun peta RBI Bakosurtanal punya banyak kelebihan diantara ketiganya.

Peta topografi U.S AMS, dikeluarkan oleh Gedung Geologi Bandung yang merupakan arsip peninggalan tentara Sekutu pada PD 2
1. Peta topografi Jantop TNI AD, keluaran Jawatan Topografi TNI AD
2. Peta topografi Rupa Bumi Indonesia (RBI), keluaran Bakosurtanal Cibinong
Cara Mendapatkan Peta Topografi yang Beredar di Indonesia
Gambar: Bakosurtanal Cibinong

Cara mendapatkan Peta Topografi

Pada kesempatan ini saya akan sharing cara mendapatkan peta topografi yang beredar di indonesia, dari ketiga jenis peta topografi sepeti yang sudah saya sampaikan di atas, yang paling mudah untuk mendapatkannya adalah peta topografi yang dikeluarkan oleh Bakosurtanal, sekarang beralih nama menjadi BIG (Badan Informasi Geospasial).

Langsung Datang ke kantor BIG (Bakosurtanal)

Alamat kantor pusat BIG (Bakosurtanal) adalah di Cibinong Jawa Barat, tepatnya di Jl. Raya Jakarta-Bogor Km. 46 Cibinong. Setelah sampai di Kantor BIG, kita harus mengisi formulir kemudian memilih jenis peta yang akan kita beli. Harga pada umumnya sekita Rp 40.000/sheet untuk skala 1:50.000

Via Post

Selain datang langsung ke Kantor Bakosurtanal, kita juga bisa memesannya memalui surat permohonan, faximile, atau email.

Untuk informasi lebih lanjut tentang prosedur pemesanan peta topografi di Bakosurtanal silahkan lihat DI SINI.

Demikinan sedikit sharing, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mendapatkan Peta Topografi yang Beredar di Indonesia"

Post a Comment