loading...

Cara Meningkatkan Hasil Produksi

Produksi merupakan salah satu kegitan pokok ekonomi yang perlu mendapatknan perhatian lebih, karena merupakan terminal dari dua kegitan ekonomi yang lain, yaitu konsumsi dan distribusi.

Thomas Robert Malthus dalam bukunya “Essay of The Principle of Population as Affect The Future Improvement of Societ” mengemukakan bahwa pertambahan penduduk seiring dengan deret ukur sementara pertambahan bahanbahan makanan seiring deret hitung.

Teori ini menjelaskan adanya ketidakseimbangan dengan alat pemuas kebutuhan (hasil produksi).
Cara Meningkatkan Hasil Produksi
Gambar: Cara meningkatkan hasil produksi

6 Cara meningkatkan hasil produksi

Untuk mengatasinya, manusia dituntut berusaha meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi dengan cara sebagai berikut.

1) Intensifikasi, adalah usaha menambah jumlah dan kualitas hasil produksi tanpa menambah faktor produksi.

2) Ekstensifikasi, adalah usaha peningkatan jumlah dan kualitas hasil produksi dengan cara menambah faktor produksi.

3) Diversifikasi, adalah usaha menambah jumlah dan kualitas hasil produksi.

4) Rehabilitasi, adalah usaha menambah jumlah dan kualitas hasil produksi dengan mengganti faktor produksi yang telah rusak dengan yang lebih baru.

5) Mekanisasi, adalah usaha penambahan jumlah dan kualitas hasil produksi dengan mengganti faktor produksi tradisional dengan mesin-mesin produksi yang bersifat mekanik.

6) Rasionalisasi, adalah usaha menambah jumlah dan kualitas hasil produksi dengan mengurangi faktor-faktor produksi yang tidak penting atau membebani biaya produksi.

Perluasan atau peningkatan jumlah dan kualitas hasil produksi harus tetap disesuaikan dengan kapasitas sumber daya tersebut karena bagaimanapun sumber daya mempunyai titik batas pemanfaatan.

Apabila sumber daya tersebut telah dimanfaatkan secara maksimal, akan terjadi penurunan nilai dan kualitas suatu produksi.

0 Response to "Cara Meningkatkan Hasil Produksi"

Post a Comment