loading...

Contoh Perubahan Wujud Zat

Seteleh memahami pengertian masing-masing zat padat, cair dan gas, selanjutnya ketika setiap zat tersebut menerima atau melepas kalor, maka zat tersebut akan berubah wujud zatnya secara fisika.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengupas secara tuntas tentang perubahan wujud zat, contoh perubahan wujud zat, proses perubahan wujud zat, diagram perubahan wujud zat, skema perubahan wujud zat, grafik perubahan wujud zat dan pengertian perubahan wujud zat.

Susunan partikel ketiga wujud zat (padat, cair dan gas) dapat berubah jika terpengaruh suatu energi. Karena kalor salah satu energi maka suatu zat jika diberi kalor atau dipanasi wujudnya dapat berubah.

Pengertian perubahan wujud zat

Kalor itulah yang menyebabkan jarak antarpartikel makin renggang. Perenggangan itu akan terlihat gejalanya, yaitu dengan terjadinya perubahan wujud zat. Bagaimana jika suatu zat melepaskan kalor Dapatkah kamu menjelaskannya?

Perubahan wujud adalah perubahan keadaan suatu zat, misalnya dari padat ke cair dan sebaliknya, dari cair ke gas dan sebaliknya, dari gas ke padat dan sebaliknya.

Skema perubahan wujud zat

Contoh Perubahan Wujud Zat
Gambar: Skema perubahan wujud zat

Perhatikan diagram perubahan wujud zat di atas. Anak panah pada diagram tersebut menggambarkan perubahan wujud yang terjadi.

Contoh perubahan wujud zat

Perubahan wujud itu adalah:

1. Perubahan wujud zat dari padat menjadi cair disebut mencair, contohnya es menjadi air; merupakan proses menerima kalor.

2. Perubahan wujud zat dari cair menjadi gas disebut menguap, contohnya air menjadi uap; merupakan proses menerima kalor.

3. Perubahan wujud zat dari gas menjadi padat disebut mengkristal, contohnya uap kapur barus menjadi butir-butiran kapur barus. Merupakan proses melepas kalor.

4. Perubahan wujud zat dari padat menjadi gas disebut menyublim, contohnya kapur barus menjadi gas; merupakan proses menerima kalor.

5. Perubahan wujud zat dari gas menjadi cair disebut mengembun, contohnya pada penyulingan air; merupakan proses melepas kalor.

6. Perubahan wujud zat dari cair menjadi padat disebut membeku, contohnya air menjadi es. Merupakan proses melepas kalor.

0 Response to "Contoh Perubahan Wujud Zat"

Post a Comment