loading...

Dampak Positif Tenaga Endogen dan Eksogen

Proses alami pembentukan permukaan bumi karena faktor tenaga endogen dan tenaga eksogen dapat menghasilkan dampak-dampak tertentu baik yang bersifat positif maupun negatif.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji tentang dampak positif dari proses pembentukan permukaan bumi baik oleh tanaga endogen maupun tenaga eksogen.

Dampak positif tenaga endogen

Dampak positif tenaga endogen antara lain sebagai berikut.

a. Tenaga endogen memiliki dampak positif yang dapat kita rasakan melalui proses pembentukan patahan dan lipatan yang menyebabkan adanya keanekaragaman bentuk permukaan bumi seperti adanya danau, pegunungan, sungai dan dataran.

Hasil bentukan ini dapat kita nikmati sebagai suatu keindahan alam dan juga memberi manfaat besar bagi manusia. Contoh manfaat tersebut misalnya, pegunungan yang memengaruhi cuaca di sekitarnya, atau aliran sungai yang airnya dapat dimanfaatkan oleh manusia.

b. Selain itu, proses vulkanisme karena tenaga endogen dapat menyuburkan tanah, karena letusan gunung api biasanya memuat debu vulkanik. Pembentukan batuan juga memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia, misalnya granit dan fosfat yang menjadi bahan-bahan dasar industri.

c. Dampak positif lainnya, misalnya dapat ditemukan pada pembentukan logam-logam di perut bumi yang bermanfaat, semacam besi, baja, timah.

Dampak positif tenaga eksogen

Gambar: Dampak Positif Tenaga Endogen dan Eksogen

Dampak positif tenaga eksogen, antara lain sebagai berikut.

a. Di daerah pesisir, tenaga eksogen menghasilkan delta-delta di muara sungai yang subur sangat bermanfaat bagi manusia.

b. Hasil erosi dan sedimentasi di pesisir sangat baik untuk pertanian, dan perikanan. Di pantai utara Pulau Jawa banyak dijumpai sawah-sawah yang subur di sepanjang pantai. Demikian juga tambak-tambak udang dan bandeng.

Demikian penjelasan secara lengkap tentang dampak positif dari proses pembentukan permukaan bumi baik oleh tanaga endogen maupun tenaga eksogen.

0 Response to "Dampak Positif Tenaga Endogen dan Eksogen"

Post a Comment