loading...

Interaksi dalam Ekosistem

Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan tentang ekosistem; mulai dari pengertian ekosistem, pengertian komunitas, pengertian populasi, pengertian individu, macam-macam ekosistem, komponen ekosistem, sampai contoh ekosistem.

Segala sesuatu di luar makhluk hidup dan mungkin dapat memengaruhi keberadaannya disebut lingkungan. Pada lingkungan, terdapat kondisi atau persyaratan bagi suatu makhluk hidup untuk hidup.

Misalnya, lingkungan kecebong terdiri atas air. Suhu air akan memengaruhi pertumbuhan dan aktivitas kecebong. Lingkungan air menyediakan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan bagi kecebong.

Air mengandung oksigen terlarut yang diperlukan kecebong untuk bernapas melalui insang. Dengan demikian, air, oksigen, dan makanan merupakan bagian dari lingkungan kecebong.

Pengertian ekosistem

Jadi, antara makhluk hidup dan lingkungannya terjadi suatu interaksi atau hubungan. Makhluk hidup yang berinteraksi terhadap lingkungannya membentuk suatu kesatuan yang disebut ekosistem.

Interaksi dalam ekosistem

Dalam suatu ekosistem, terdapat satuan-satuan makhluk hidup, antara lain individu, populasi, dan komunitas.

1. Individu

Individu menunjuk pada makhluk hidup tunggal. Makhluk hidup tersebut dapat melakukan aktivitas hidupnya sendiri atau berdiri sendiri.

Misalnya, seorang manusia, seekor zebra, atau sebatang pohon. Jadi, individu adalah satuan makhluk hidup tunggal.

2. Populasi

Individu dapat melakukan kegiatan hidupnya sendiri, misalnya makan. Namun demikian, individu juga mampu melakukannya bersama-sama dengan individu lain atau berkelompok mencari makan bersama, bahkan membagi makanannya dengan yang lain.

Setiap individu yang hidup dalam kelompok jenisnya sendiri disebut populasi, misalnya populasi zebra.

3. Komunitas

Kelompok individu (populasi) yang saling berinteraksi dalam suatu areal/daerah tertentu disebut komunitas.

Interaksi dapat terjadi antar populasi sesama jenis, misal antara kelompok zebra dengan kelompok zebra. Selain itu, interaksi juga dapat terjadi antara kelompok yang berbeda jenis, misalnya kelompok zebra dengan kelompok kuda.

Jadi, komunitas dibentuk oleh semua tumbuhan, hewan, atau manusia yang hidup dalam suatu habitat (tempat hidup).

4. Ekosistem

Komunitas makhluk hidup dalam suatu habitat, ditambah bagian tak hidup dari lingkungan (air, udara, tanah, cahaya, dan suhu) membentuk suatu ekosistem.

Sebuah danau adalah ekosistem yang terdiri atas komunitas hewan dan tumbuhan yang hidup di permukaan atau di dalam air, mineral, oksigen terlarut, tanah, dan sinar matahari.

Untuk lebih jelasnya dalam memahami ekosistem, komunitas, populasi dan individu, silahkan Perhatikan bagan pembentukan sebuah ekosistem di bawah ini.

Interaksi dalam Ekosistem
Gambar: Bagan satuan-satuan dalam ekosistem

Pada ekosistem darat, tumbuhan menyerap sinar matahari dan air hujan untuk bahan fotosintesis, hewan memakan tumbuhan, dan hewan-hewan saling memakan satu sama lain.

Hewan dan tumbuhan yang mati diuraikan/diubah bakteri menjadi mineral di dalam tanah. Daur/siklus materi makhluk hidup memelihara ketersediaan mineral (bahan anorganik) di dalam tanah.

0 Response to "Interaksi dalam Ekosistem "

Post a Comment