loading...

Kegunaan dan Manfaat Peta Terlengkap

Setelah memahami pengertian peta, macam-macam peta dan unsur-unsur peta, kali ini kita akan membahan tentang kegunaan dan manfaat peta.

Kegunaan dan manfaat peta sebenarnya banyak jenisnya; kegunaan dan manfaat peta topografi, kegunaan dan manfaat peta kontur, serta kegunaan dan manfaat peta umum.

Kegunaan dan manfaat peta

Kegunaan dan manfaat peta sebenarnya banyak sekali dan selalu berkembang dari masa-ke masa sesuai dengan perkembangan zaman, namun setidaknya pada kali ini kita akan memberikan gambaran umum tentang manfaat peta, yaitu;
Kegunaan dan Manfaat Peta Terlengkap
Gambar: Contoh peta penerbangan di Indonesia

1. Para penerbang menggunakan peta jalur penerbangan untuk memandu perjalanan pesawat.

2. Para pelaut menggunakan peta hidrografi untuk menentukan posisi dan arah perjalanan kapal.

3. Dalam peperangan, peta digunakan untuk menentukan posisi musuh, merencanakan pertahanan, penyerangan, dan gerakan pasukan.

4. Sementara di lingkungan pendidikan, peta bermanfaat sebagai alat peraga, media pembelajaran, catatan visual permanen, alat komunikasi, dan alat analisis.

Dengan menggunakan peta dan data-data statistik, kita dapat dengan mudah dan cepat memperoleh data tentang informasi geografis yang berkaitan dengan suatu negara atau membandingkan luas suatu negara dengan negara lain.

5. Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan peta untuk menunjukkan suatu tempat yang belum pernah kita datangi dengan bantuan petunjuk dari orang lain yang pernah mendatanginya. Dengan bekal peta dan sedikit petunjuk, kita dapat dengan mudah dan cepat menemukan tempat-tempat yang kita cari.

6. Selain itu, masih banyak kegunaan dan manfaat peta lainnya. Sejak awal penemuannya, peta terus berkembang baik jenis dan kegunaannya. Jenis-jenis dan kegunaan peta yang ada saat ini masih dapat berubah di masa depan.

0 Response to "Kegunaan dan Manfaat Peta Terlengkap"

Post a Comment