loading...

Manfaat Belajar Kewirausahaan

Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan tentang manfaat belajar kewirausahaan. Mungkin sebelumnya Anda harus tahu apa itu kewirausahaan?

Dalam kegiatan ekonomi masyarakat, selain diselenggarakan secara formal oleh badan usaha-badan usaha juga diusahakan pula oleh masyarakat melalui usaha yang dikelola sendiri.

Hal ini tentu saja dilakukan oleh mereka yang mempunyai jiwa wirausaha. Bagimu istilah wirausaha barangkali merupakan istilah yang baru.

Namun, sesungguhnya kamu sering berhubungan dengan mereka. Warung dan kios di dekat tempat tinggalmu merupakan salah satu bentuk wirausaha.
Manfaat Belajar Kewirausahaan
Gambar: Manfaat Kewirausahaan

Jadi, sebenarnya kewirausahaan adalah modal hidup setiap manusia. Banyak hal yang bisa dipelajari dalam studi kewirausahaan sebagai bekal hidupmu kelak, di antaranya sebagai berikut.

1. Kemampuan merumuskan tujuan hidup atau tujuan usaha. Dalam merumuskan tujuan hidup dan tujuan usaha diperlukan perenungan dan koreksi yang berulang-ulang.

2. Kemampuan untuk memotivasi diri. Hal ini dilakukan dalam rangka melahirkan semangat yang menyala-nyala.

Kemampuan tersebut dijelaskan menjadi tiga hal memanfaatkan kekuatan, peluang, dan menutup kelemahan (need of achievement, need of affiliation, dan need of power).

3. Kemampuan berinisiatif atau kebiasaan berinisiatif.

4. Kemampuan berinovasi, yaitu kemampuan untuk berkarya dan berdaya cipta.

5. Kemampuan membentuk modal, baik berupa modal sosial dan modal materiil.

6. Kebiasaan mengatur waktu atau disiplin waktu.

7. Kemampuan mental yang dilandasi dengan agama.

8. Kebiasaan diri dalam mengambil hikmah.

0 Response to "Manfaat Belajar Kewirausahaan"

Post a Comment