loading...

Pengertian Air Tanah, Manfaat Air Tanah dan Macam-macamnya

Pembahasan kali ini merupakan kajian lengkap tentang air tanah, mulai dari pengertian air tanah, macam-macam air tanah, manfaat air tanah dan contoh-contoh air tanah.

Pengertian air tanah atau air bawah permukaan

Air tawar yang ada di darat terbagi menjadi air permukaan dan air bawah permukaan. Air permukaan merupakan air yang memiliki daerah aliran dan peredaran di permukaan daratan.

Adapun air tanah atau air bawah permukaan merupakan air yang beredar di dalam tanah karena terserap oleh pori-pori tanah dan akar tumbuhan. Seperti halnya air permukaan, air bawah permukaan juga memiliki daerah aliran, namun berada di bawah tanah.

Air bawah permukaan dapat sampai ke permukaan tanah karena meresap melalui pori-pori tanah hingga tersimpan pada lapisan tanah tertentu. Pada dasarnya, ada beberapa macam bentuk air bawah permukaan, yakni air tanah, artesis, geiser, dan sungai bawah tanah.

Manfaat dan kegunaan air tanah (air bawah permukaan)

Banyak manfaat dan kegunaan air bawah permukaan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa manfaat langsung yang dapat kita rasakan antara lain adalah penggunaan air tanah sebagai sumber air minum dan kebersihan serta letaknya di dalam tanah yang dapat menyuburkan tanah.
Pengertian Air Tanah, Manfaat Air Tanah dan Macam-macamnya
Gambar: Contoh air bawah permukaan

Macam-macam air tanah (air bawah permukaan)

1) Air tanah

Air tanah meresap di antara pori-pori tanah dan menempati lapisan-lapisan tertentu di atas lapisan tanah yang kedap air atau tak tembus air (impermeable) di bawah tanah.

Lapisan-lapisan yang mampu menahan air tanah bermacam-macam, antara lain batu, kerikil, lapisan pasir, dan beberapa jenis lapisan lainnya. Jenis air ini disebut juga air tanah dangkal (phreatis) karena letaknya dekat dengan permukaan bumi.

2) Artesis

Artesis adalah air yang meresap di antara pori-pori tanah dan kemudian menempati suatu ruang tertutup di antara lapisan kedap air di bawah tanah. Apabila artesis ini dilubangi dari atas atau mendapat saluran ke permukaan tanah, air yang berada di dalam lapisan kedap air akan memancar keluar.

Hal ini terjadi apabila ketinggian muka saluran tempat keluarnya air lebih rendah dibandingkan batas muka air. Artesis termasuk jenis air tanah dalam dengan jumlah air yang relatif tetap dan tidak terlalu terpengaruh oleh keadaan musim.

3) Sungai bawah tanah

Sungai bawah tanah mengalir mengikuti alur-alur dan lorong-lorong yang berada di bawah tanah. Alur-alur dan lorong-lorong tersebut biasanya berupa gua-gua yang dijumpai di kawasan pegunungan kapur.

Faktor-faktor yang memengaruhi kandungan air di dalam tanah adalah keadaan topografi atau bentuk relief permukaan, jenis tanah yang meliputi tekstur dan struktur tanah, kondisi iklim atau curah hujan, dan ada tidaknya penutup tanah atau vegetasi yang berfungsi membantu peresapan air ke dalam tanah.

0 Response to "Pengertian Air Tanah, Manfaat Air Tanah dan Macam-macamnya"

Post a Comment