loading...

Pengertian Atmosfer, Manfaat dan Sifat-sifatnya

Pada pembahasan kali ini kita akan menguraikan tentang pengertian atmosfer, manfaat lapisan atmosfer serta sifat-sifat dari lapisan atmosfer.

Pengertian atmosfer

Bumi yang kita tinggali ini tidak hanya terdiri atas lapisanlapisan yang membentuk permukaan bumi, namun juga diselubungi oleh lapisan-lapisan gas. Lapisan-lapisan gas tersebut dinamakan atmosfer.

Atmosfer adalah merupakan gabungan dari berbagai gas berlapis-lapis dan tidak berwarna. Keberadaan atmosfer bumi sangat penting bagi kehidupan. Bayangkan apabila udara yang kita hirup dan kita butuhkan setiap saat berkurang, tercemar, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Tentu kehidupan manusia akan terganggu, begitu juga makhluk hidup yang lain. Atmosfer tidak hanya penting untuk pernapasan makhluk hidup, tetapi juga sangat penting untuk sarana transportasi udara, komunikasi, memengaruhi keadaan cuaca dan iklim, serta menjadi pelindung bumi dari benda-benda luar angkasa.

Secara fisik atmosfer dapat dirasakan dan dapat diperkirakan keberadaannya. Ketika kamu berdiri di pantai atau di lapangan terbuka, akan terasa sekali terpaan angin yang merupakan bagian dari atmosfer.
Gambar: Contoh Atmosfer

Sifat-sifat atmosfer

Unsur gas utama pembentuk atmosfer terdiri atas oksigen dan nitrogen. Secara umum, ada tiga jenis gas yang membentuk atmosfer, yaitu sebagai berikut.

1. Udara kering, yakni gas tanpa air dan aerosol yang mencakup 96% dari volume atmosfer. Udara kering ini ada dua macam, yaitu gas utama dan gas penyerta.

2. Uap air yang kandungannya dalam atmosfer berbeda di setiap wilayah bumi.

3. Aerosol, yakni partikel halus dari bahan padat di bumi yang memiliki massa ringan, sehingga dapat tertiup naik ke lapisan atmosfer. Bahan-bahan tersebut antara lain debu, garam, abu, asap, dan mikroorganisme.

Fungsi dan Manfaat Atmosfer

Atmosfer memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Beberapa manfaat atmosfer adalah sebagai berikut.

1. Menjaga temperatur bumi. Tanpa atmosfer, temperatur bumi pada siang dan malam dapat berbeda drastis. Temperatur siang akan tinggi sekali dan temperatur malam akan rendah sekali. Atmosfer menjaga agar temperatur antara siang dan malam hari tidak terlalu jauh berbeda.

2. Menyaring sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet. Radiasi ultraviolet sangat berbahaya bagi makhluk hidup di bumi.

3. Melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi karena tarikan gaya gravitasi.

4. Sebagai sumber gas dan uap pembuat hujan.

5. Sebagai pemantul gelombang radio yang digunakan dalam proses telekomunikasi.

6. Untuk bernapas bagi makhluk hidup.

Atmosfer terdiri atas gas-gas yang sifatnya mudah memampat dan mengembang. Atmosfer dapat terus berada di seputar bumi karena tarikan gravitasi bumi. Ketinggian lapisan atmosfer senantiasa berubah-ubah seiring perubahan waktu dan musim.

0 Response to "Pengertian Atmosfer, Manfaat dan Sifat-sifatnya"

Post a Comment