loading...

Pengertian Barang Tambang dan Macam-macamnya

Pertambangan merupakan salah satu mata pencaharian penduduk Indonesia. Baru-baru ini banyak muncul barang tambang baru di Indonesia, yaitu tambang batu akik. Dimana sajakah pusat-pusat tambang batu akik di Indonesia?

Pertambangan dilakukan manusia dengan menggali, mengambil, dan mengolah sumber daya alam yang terdapat di perut bumi untuk memenuhi sebagian kebutuhan manusia.

Kegiatan pertambangan tidak terbatas pada upaya penggalian dan pengambilan saja, namun juga meliputi upaya-upaya pengolahan sumber daya tersebut untuk dijadikan barang setengah jadi sebagai bahan dasar industri.

Macam-macam barang tambang

Secara garis besar barang tambang dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu sebagai berikut.

a. Berdasarkan manfaat atau kegunaannya

Berdasarkan manfaat dan kegunaannya, barang tambang dapat dibedakan ke dalam tiga golongan.

1) Golongan A, yaitu barang tambang strategis dan penting untuk perekonomian negara. Contohnya minyak bumi, batubara, gas alam, bijih besi, tembaga, dan nikel.

2) Golongan B, yaitu barang tambang yang vital dan penting bagi kehidupan orang banyak atau penting untuk hajat hidup orang banyak. Contohnya emas, perak, belerang, fosfat, dan mangan.

3) Golongan C, yaitu barang tambang yang secara langsung digunakan untuk bahan keperluan industri. Contohnya batu gamping, kaolin, marmer, gips, dan batu apung.
Pengertian Barang Tambang dan Macam-macamnya
Gambar: Tambang Emas di Papua

b. Berdasarkan bentuknya

Berdasarkan bentuknya barang tambang dikelompokkan sebagai berikut.

1) Barang tambang berbentuk energi, yaitu barang tambang yang dapat menghasilkan tenaga atau energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Contohnya minyak bumi, batubara, gas alam, dan uranium.

2) Barang tambang berbentuk mineral logam. Contohnya timah, tembaga, bijih besi, emas, perak, dan nikel.

3) Barang tambang berbentuk mineral bukan logamContohnya intan, belerang, gamping, marmer, pasir kwarsa, dan fosfat.

Selain dari pengelompokan di atas, barang tambang dapat dikelompokkan berdasarkan bahan asal pembentukannya yaitu mineral organik dan mineral anorganik.

Mineral organik yaitu mineral yang berasal dari sisa makhluk hidup misalnya gas alam, minyak bumi, dan batubara.

Mineral anorganik yaitu mineral yang berasal dari sisa-sisa bahan anorganik misalnya kaolin, batu, pasir kwarsa, yodium.

Tahap penambilan barang tambang

Adapun mineral logam bukan berasal dari organik ataupun anorganik. Untuk mendapatkan barang tambang yang masih terdapat di alam perlu dilakukan beberapa tahapan.

Tahap pertama adalah eksplorasi yaitu melakukan kegiatan penyelidikan dan penelitian pada suatu daerah yang diperkirakan mengandung barang tambang tertentu.

Tahap selanjutnya adalah eksploitasi yaitu tahap pengambilan atau penambangan barang tambang di
dalam bumi.

Wilayah Indonesia sangat kaya akan potensi sumber daya alam. Namun begitu, belum semua potensi yang dimiliki telah dipergunakan secara maksimal.

0 Response to "Pengertian Barang Tambang dan Macam-macamnya"

Post a Comment