loading...

Pengertian Gerak (Lurus, Melingkar dan Parabola)

Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji tentang pengertian gerak, pengertian gerak sebenarnya atau gerak nyata dan pengertian gerak semu, pengertian gerak lurus, pengertian gerak melingkar dan pengertian gerak parabola dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

Pengertian Gerak

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering melakukan kegiatan-kegiatan, misalnya berjalan ke sekolah, ke kamar mandi, mengayuh sepeda, atau ke pasar. Setiap kegiatan-kegiatan itu selalu memerlukan gerakan. Apakah sebenarnya gerakan itu?

Untuk mengetahui jawabannya pahami uraian berikut. Agus naik kereta dari Jakarta menuju Solo. Di dalam kereta Agus melihat pohon-pohon di luar kereta terlihat bergerak dan saling kejar-kejaran.

Adapun, penumpang yang duduk di dalam kereta tetap dalam keadaan diam (tidak bergerak). Berdasarkan penggambaran ini dapat disimpulkan sebagai berikut.

a. Benda dikatakan bergerak apabila mengalami perpindahan atau perubahan posisi terhadap benda lain/titik acuan.

b. Benda dikatakan diam (tidak bergerak) apabila tidak mengalami perpindahan atau perubahan posisi terhadap benda lain.

c. Gerak bersifat relatif ditinjau terhadap benda lain yang dipakai sebagai acuan.

Macam-macam gerak berdasarkan acuannya

Berdasarkan acuannya, gerak dibedakan menjadi dua, yaitu gerak sebenarnya dan gerak semu.

Gerak sebenarnya/nyata adalah gerak benda yang benar-benar terjadi ditinjau dari titik acuan yang diam. Misalnya, bus meninggalkan terminal, kelapa jatuh dari pohon.

Gerak semu adalah gerak benda yang seolah-olah tampak bergerak, namun sebenarnya benda tersebut diam, misalnya pohon-pohon diluar kereta yang seolah-olah bergerak dan matahari terbit dari sebelah timur ke barat.

Pengertian Gerak (Lurus, Melingkar dan Parabola)
Gambar: Contoh gerak semu

Macam-macam gerak berdasarkan lintasannya

Gerak berdasarkan lintasan dibagi menjadi tiga, yaitu gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola. 

Pengertian gerak lurus

Gerak lurus adalah gerak benda yang lintasannya berbentuk garis lurus, misalnya sprinter (pelari jarak pendek) yang berlari cepat di lintasan yang lurus.

Pengertian gerak melingkar

Gerak melingkar adalah gerak benda yang lintasannya berbentuk lingkaran, misalnya gerakan jarum jam.

Pengertian gerak parabola

Gerak parabola adalah gerak benda yang lintasannya berbentuk lingkaran yang tidak penuh, misalnya gerakan peluru yang ditembakkan dari sebuah senapan dengan membentuk sudut elevasi (kemiringan) tertentu.

Setiap benda yang bergerak akan mengalami perpindahan atau perubahan posisi, membutuhkan waktu untuk berpindah, dan mempunyai kecepatan gerak. Jadi, sebuah benda dikatakan bergerak apabila keadaan benda berubah ditinjau dari titik acuan.

0 Response to "Pengertian Gerak (Lurus, Melingkar dan Parabola)"

Post a Comment