loading...

Pengertian, Jenis dan Contoh Batuan Sedimen

Pembahasan kali ini tentang pengertian batuan sedimen, jenis-jenis batuan sedimen dan contoh-contoh batuan sedimen beserta penjelasannya secara lengkap.

Pengertian batuan sedimen

Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena adanya proses pembatuan atau litifikasi dari hasil proses pelapukan dan erosi yang kemudian terbawa dan diendapkan.

Batuan sedimen terbentuk dari batuan beku atau zat padat yang mengalami erosi di tempat tertentu kemudian mengendap dan menjadi keras. Batuan sedimen biasanya berlapis-lapis secara
mendatar.

Jenis-jenis Batuan Sedimen dilengkapi dengan contoh-contoh batuan sedimen

Di antara batuan ini, seringkali ditemukan fosil-fosil. Batuan sedimen dapat dibagi berdasarkan proses pembentukannya, yaitu sedimen klastis, kimiawi, dan organik.

a. Batuan Sedimen Klastis

Batuan sedimen klastik adalah jenis batuan yang terbentuk di alam melalui proses pengendapan dari material-material yang bervariasi, mulai dari ukuran lempung sampai bongkah batuan.

Batuan sedimen klastis terbentuk karena pelapukan atau erosi pada pecahan batuan atau mineral, sehingga batuan menjadi hancur atau pecah dan kemudian mengendap di tempat tertentu dan menjadi keras. Susunan kimia dan warna batuan ini biasanya sama dengan batuan asalnya.

Contoh batuan sedimen klastis antara lain batu konglomerat, batu breksi, dan batu pasir.
Pengertian, Jenis dan Contoh Batuan Sedimen
Gambar: Contoh Batuan Sedimen

b. Batuan Sedimen Kimiawi

Batuan sedimen kimiawi terbentuk karena pengendapan melalui proses kimia pada mineral-mineral tertentu. Misalnya, pada batu kapur yang larut oleh air kemudian mengendap dan membentuk stalaktit dan stalagmit di gua kapur.

Contoh batuan sedimen kimiawi lainnya adalah batuan anhidrit dan batu garam.

c. Batuan Sedimen Organik

Batuan sedimen organik atau batuan sedimen biogenik terbentuk karena adanya sisa-sisa makhluk hidup yang mengalami pengendapan di tempat tertentu.

Contohnya, batu karang yang terbentuk dari terumbu karang yang mati dan fosfat yang terbentuk dari kotoran kelelawar serta batu gamping.

Baca: Jenis dan Contoh Batuan Beku

0 Response to "Pengertian, Jenis dan Contoh Batuan Sedimen"

Post a Comment