loading...

Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup

Sebagaimana kita ketahui bahwa makhluk hidup yang ada di bumi ini sangat beranekaragam, ada yang besar dan ada yang kecil bahkan sangat kecil yang tidak dapat dilihat kecuali
dengan menggunakan alat bantu seperti mikroskop. Namun ia masih tergolong makhluk hidup, karena memiliki ciri-ciri sebagai makhluk hidup.

Pengertian Keanekaragaman makhluk hidup adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk hidup.

Pernahkah kamu membedakan dua hewan? Pada umumnya, kita lebih mudah melihat perbedaan hewan yang berbeda spesies (jenis) daripada hewan berada dalam satu spesies.

Misalnya, kita lebih mudah membedakan kambing dengan sapi daripada membedakan kembing liar dengan kambing piaraan atau sapi liar dengan sapi piaraan.

Kambing dan sapi adalah mamalia karena mempunyai persamaan ciri di antaranya berdarah panas, melahirkan anak, dan berbulu.

Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup
Gambar: Contoh keanekaragaman makhluk hidup

Bagaimana kita menunjukkan perbedaan di antara anggota hewan atau tumbuhan? Setiap anggota spesies memperlihatkan perbedaan yang kurang jelas.

Contohnya, perhatikan teman- teman di kelasmu. Mereka semua, termasuk kamu merupakan anggota spesies yang sama, yaitu Homosapiens (manusia). Dapatkah kamu menunjukkan perbedaan di antara mereka?

Di antara mereka ada yang laki-laki dan perempuan; ada yang berkulit putih, kuning, sawo matang, dan hitam; ada yang berambut hitam atau kemerahan; ada yang berambut lurus dan keriting; ada yang tinggi dan rendah; serta ada yang gemuk dan kurus.

Beberapa ciri tersebut memperlihatkan keanekaragaman jenis atau variasi di antara makhluk hidup sejenis. Perbedaan jenis kelamin maupun warna kulit dinamakan variasi diskontinu.

Adapun gemuk dan kurus maupun tinggi dan rendah seseorang merupakan variasi kontinu. Variasi diskontinu merupakan hasil dari pengaruh genetik, sedangkan variasi kontinu merupakan hasil pengaruh faktor genetik dan lingkungan.

Misalnya, berat tubuhmu tidak hanya tergantung dari faktor genetik yang memengaruhi ukuran dan kepadatan tulang, namun juga dari gaya hidup dan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Semua keanekaragaman makhluk hidup tersebut merupakan bukti kebesaran dan kekuasaan Sang Pencipta alam ini.

0 Response to "Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup"

Post a Comment