loading...

Pengertian Pemuaian Panjang, Luas dan Volume

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang pengertian pemuaian, pengertian pemuaian panjang, pengertian pemuaian luas dan volume sekaligus tentang anomali air.

Pengertian pemuaian

Pernahkah kamu memerhatikan krupuk atau tahu yang sedang digoreng? Bagaimanakah ukuran krupuk atau tahu sebelum dan sesudah digoreng?

Pada umumnya benda yang dipanaskan suhunya akan naik. Penaikan suhu benda umumnya juga diikuti pertambahan ukuran benda. Pertambahan ukuran benda itu disebut pemuaian.

Jadi, dapat dinyatakan jika suhu naik, benda akan memuai. Sebaliknya, jika suhu turun, benda akan menyusut. Namun, air mempunyai keanehan yaitu dapat menyusut jika suhunya dinaikkan dan dapat memuai jika suhunya diturunkan. Gejala keanehan air ini disebut anomali.

Pengertian Anomali air

Anomali air terjadi pada suhu 0oC sampai 4oC. Jika dipanaskan dari 0oC hingga 4oC, volume air akan menyusut. Sebaliknya jika diturunkan dari suhu 4oC hingga 0oC, volume air akan memuai (bertambah).

Volume air terkecil terjadi pada suhu 4oC. Pada saat itulah massa jenis air ditetapkan. Berdasarkan anomali air, kita juga mengetahui bahwa es batu (0oC) selalu mempunyai volume lebih besar daripada air.

Hal itu berarti massa jenis es batu selalu lebih kecil daripada massa jenis air. Akibatnya jika es batu dicampurkan ke dalam air, es batu tidak akan pernah tenggelam. Hal itulah yang menyebabkan air di dasar sungai atau danau tidak akan pernah membeku di musim dingin.

Pengertian Muai Panjang

Sebelum membahas muai volume terlebih dahulu akan dibahas muai panjang. Karena volume merupakan turunan dari besaran panjang. Muai panjang adalah pertambahan panjang benda setiap satuan panjang jika suhunya naik 1oC.

Alat yang digunakan untuk mengamati pemuaian panjang zat padat (biasanya logam) adalah alat Musschenbroek perhatikan Gambar di bawah ini!
Pengertian Pemuaian Panjang, Luas dan Volume
Gambar: Musschenbroek 

Batang logam yang diteliti pada alat Musschenbroek selain mengalami pemuaian panjang, luas penampangnya juga memuai.

Namun, karena pemuaian penampangnya sangat kecil pemuaian penampang itu diabaikan. Dalam kehidupan sehari-hari, pemuaian pada zat padat dan zat cair adalah pemuaian volume. Adapun pada zat gas mengalami pemuaian volume dan tekanan.

Baca: Rumus pemuaian panjang, luas dan volume terlengkap

Pengertian Muai Luas dan Muai Volume

Pada bagian sebelumnya sudah dibahas muai panjang. Misalnya suatu benda berbentuk lembaran atau lempengan dipanaskan, maka panjang dan lebar benda itu akan mengalami pemuaian, artinya benda yang berbentuk lembaran dapat mengalami muai luas. 

Setelah membahas muai panjang dan muai luas, kita akan membahas muai volume. Pada kehidupan sehari-hari, semua benda mempunyai ukuran panjang, luas, dan tinggi. Hal itu berarti benda mempunyai volume atau ruang. Dengan demikian, jika suatu benda dipanaskan maka volumenya akan memuai. 

0 Response to "Pengertian Pemuaian Panjang, Luas dan Volume"

Post a Comment