loading...

Pengertian Pencemaran Lingkungan dan Macam-macamnya

Selain kerusakan pada hutan, lingkungan yang tercemar cuga akan memberikan dampak yang besar pada kelestarian ekosistem.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengetahui secara lengkap tentang pengertian pencemaran lingkungan, dampak pencemaran lingkungan, contoh pencemaran lingkungan dan macam-macam pencemaran lingkungan.

Lingkungan yang baik adalah lingkungan yang berada dalam keseimbangan. Lingkungan seperti ini mampu mengatur dan memulihkan dirinya apabila terjadi gangguan, sehingga selalu dalam keadaan seimbang.

Lingkungan tidak selalu dalam keadaan stabil. Apabila, suatu lingkungan mendapatkan gangguan yang memengaruhi kehidupan makhluk hidup di dalamnya maka lingkungan tersebut telah tercemar.

Dampak pencemaran lingkungan

Akibat suatu pencemaran dapat langsung diketahui, misalnya keracunan, kematian, atau kerusakan fisik lingkungan.

Ada juga dampak yang baru dirasakan setelah beberapa waktu lamanya, antara lain mutasi (perubahan genetik) yang menimbulkan kelainan fisik atau cacat, kepunahan suatu spesies, dan menurunnya daya dukung lingkungan (air, tanah, dan udara).
Pengertian Pencemaran Lingkungan dan Macam-macamnya
Gambar: Dampak pencemaran lingkungan

Pengertian pencemaan lingkungan

Pencemaran (polusi) adalah masuknya berbagai macam zat (organik dan anorganik) ke lingkungan yang menimbulkan berbagai gangguan.

Bahan pencemarnya, berupa zat organik (makhluk hidup/jasad renik) dan zat anorganik yang disebut polutan.

Berdasarkan jenisnya, bahan pencemar dibedakan menjadi bahan pencemar biologis, kimiawi, dan fisik. Bahan pencemar biologis meliputi berbagai mikroorganisme penyebab penyakit, tumbuhan pengganggu, dan bakteri.

Bahan pencemar kimiawi meliputi berbagai zat kimia organik dan anorganik, misalnya minyak, pestisida, dan pupuk anorganik. Bahan pencemar fisik meliputi debu, partikel, benda-benda padat (kaleng dan plastik), dan gas.

Macam-macam pencemaran lingkungan

Pencemaran dibedakan menjadi tiga, yaitu pencemaran air, udara, dan tanah.

1. Pencemaran Air

Lingkungan perairan dapat tercemar oleh berbagai aktivitas manusia. Bahan pencemar lingkungan perairan, antara lain limbah cair dan padat hasil kegiatan industri, pupuk, dan pestisida dari kegiatan pertanian, tumpahan minyak di laut, limbah manusia (sampah), dan detergen dari kegiatan rumah tangga.

Semua bahan pencemar itu akan memengaruhi makhluk hidup di air dan kadangkadang meracuni manusia atau menginfeksi manusia dengan berbagai penyakit. Apasaja penyebab pencemaran pada air? Bagaiamana cara penanggulangan pencemaran pada air?

2. Pencemaran Udara

Beberapa industri dan mesin motor mengeluarkan bahanbahan berbahaya ke udara. Industri mengeluarkan sisa pembuangan beberapa asap dan sulfur dioksida.

Mesin motor mengeluarkan karbon monoksida dan oksida nitrogen yang menyebabkan terbentuknya asap kabut atau asbut (smog). Apasaja penyebab pencemaran pada udara? Bagaimana cara penanggulangan pencemaran pada udara?

3. Pencemaran Tanah

Selain pencemaran air dan udara, pencemaran juga dapat terjadi pada tanah. Bahan-bahan apa saja yang dapat mencemari tanah? Apakah akibatnya jika tanah sudah tercemar?

1 Response to "Pengertian Pencemaran Lingkungan dan Macam-macamnya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete