loading...

Pengertian Rawa dan Macam-macam Jenis Rawa

Pembahasan kali ini akan mengkaji tentang salah satu jenis air permukaan, yaitu rama. Pembahasan akan fokus pada pengertian rawa, macam-macam rawa atau jenis-jenis rawa dan contohnya masing-masing.

Pengertian rawa

Kawasan di daratan yang tergenang air dengan kedalaman yang lebih dangkal bila dibandingkan dengan danau disebut rawa. Rawa biasanya ditumbuhi berbagai tanaman air. Di daerah sekitar pantai rawa-rawa banyak ditumbuhi hutan bakau (mangrove).

Rawa dapat terjadi oleh beberapa faktor antara lain karena adanya penurunan permukaan tanah di daerah yang luas, gerakan pasang surutnya air laut, dan terbentuknya tanggul alam di sepanjang sungai.
Pengertian Rawa dan Macam-macam Jenis Rawa
Gambar: Contoh rawa air tawar

Macam-macam rawa (Jenis-jenis rawa)

Berdasarkan kandungan airnya, rawa dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni rawa air tawar, rawa air asin, dan rawa air payau.

a) Rawa air tawar

Rawa air tawar yaitu berair tawar dan airnya tidak mengalami pergerakan. Rawa ini biasanya berada di hutan-hutan dengan lokasi yang dekat dengan aliran sungai. Air rawa jenis ini bersifat asam, karena banyaknya sisa-sisa makhluk hidup yang membusuk.

b) Rawa air asin

Rawa air asin biasanya rawa jenis ini berada di wilayah dekat pantai. Pada rawa jenis ini, air dapat mengalami pergerakan, sehingga dapat tergantikan. Hal ini terjadi karena adanya gelombang laut pasang yang merendam sebagian atau seluruh kawasan rawa. Air rawa jenis ini biasanya tidak terlalu asam.

c) Rawa air payau

Rawa air payau berisi campuran antara air tawar dan air asin. Rawa ini biasanya berada di dekat muara sungai dan airnya dapat mengalami pergerakan, sehingga dapat tergantikan. Air rawa jenis ini biasanya tidak terlalu asam.

Manfaat rawa

Rawa memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat rawa dapat kita rasakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh manfaat langsung yang dapat kita rasakan antara lain sebagai tempat pembudidayaan jenis-jenis ikan tertentu.

Rawa juga sebagai sumber beberapa jenis tanaman semacam anggrek, eceng gondok dan kayu, sebagai lahan pengganti sawah yang tidak perlu diairi lagi, serta sebagai tempat berkembangnya keanekaragaman hayati.


0 Response to "Pengertian Rawa dan Macam-macam Jenis Rawa"

Post a Comment