loading...

Pengertian Taksonomi dan Tingkatannya

Pada dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup diantaranya adalah menggunakan sistem taksonomi. Apa yang dimaksud dengan sistem taksonomi? Bagaimana tingkatan-tingkatan dalam sistem taksonomi?

Pada kesempatan kali ini kita akan memaparkan secara umum tentang pengertian sistem taksonomi dan tingkatan-tingkatan taksonomi.

Makhluk-makhluk hidup diberi nama dan ditempatkan dalam suatu kelompok berdasarkan hasil pengamatan ciri-ciri khas yang tampak.

Pengertian taksonomi

Taksonomi adalah cabang biologi yg menelaah penamaan, perincian, dan pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan pembedaan sifatnya.

Nama kelompok klasifikasi disebut takson (jamak-taksa). Ilmu yang mempelajari tata cara pengelompokan disebut taksonomi.

Takson terendah dan paling khusus adalah spesies, sedangkan takson yang paling tinggi dan lebih inklusif (umum) adalah kingdom.

Tingkatan kingdom sampai spesies ditentukan berdasarkan persamaan ciri makhluk hidup yang paling umum ke ciri yang paling khusus.

Taksa telah distandarisasi dan dibakukan di seluruh dunia, oleh International Code of Botanical Nomenclature dan International Committee on Zoological Nomenclature.

Pengertian Taksonomi dan Tingkatannya
Gambar: Tingkatan Taksonomi

Tingkatan taksonomi

Kategori-kategori yang umum digunakan sebagai berikut.


  1. Spesies adalah kelompok makhluk hidup yang dapat melakukan perkawinan untuk menghasilkan keturunan yang fertil. (Beberapa spesies dibagi-bagi lagi menjadi subs-pesies atau varietas).
  2. Genus adalah sebuah kelompok spesies-spesies yang mempunyai persamaan dan berhubungan dekat.
  3. Famili adalah sebuah kelompok dari genus-genus yang jelas berhubungan dekat.
  4. Ordo adalah sebuah kelompok dari famili-famili yang jelas berhubungan dekat.
  5. Kelas adalah sebuah kelompok dari ordo-ordo dalam satu filum.
  6. Filum adalah sebuah kelompok makhluk hidup dengan rancangan yang sama atau tingkatan takson tertinggi di dunia.
  7. Divisi adalah organisme yang jelas berhubungan dekat atau tingkatan takson tertinggi di dunia.
  8. Kingdom adalah kelompok terbesar dan paling umum, misal tumbuhan, hewan, atau jamur.


Beberapa taksa mempunyai ukuran yang sangat besar dan rumit. Hal itu dapat diatasi dengan adanya kelompok subdivisi, misalnya subfilum dan subkelas.

0 Response to "Pengertian Taksonomi dan Tingkatannya"

Post a Comment