loading...

Peninggalan Sejarah Bercorak Hindu Budha Di Indonesia

Setelah ajaran hindu budha yang bersumber dari hindustan asia selatan, berkembang ke asia timur dan asia tenggara dan pada akhirnya ke Indonesia. Di Indonesia, ajaran hindu budha memberikan pengaruh pada sistem pemerintahan yang ada hingga tumbuhnya kerajaan-kerajaan yang bercorak hindu budha.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang peninggalan-penginggalan sejarah yang bercorak hindu b udha yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Banyaknya kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia sejak awal Masehi sampai abad ke-15 mewariskan peninggalanpeninggalan sejarah bercorak Hindu dan Buddha yang banyak pula.

Macam-macam peninggalan sejarah bercorak hindu budha di Indonesia

Peninggalan sejarah tersebut beragam bentuknya, ada yang berbentuk bangunan, seni patung (arca-arca), seni pahat dan ukir (relief), serta sastra (kitab-kitab). Pada bagian ini, kamu akan mempelajari beberapa peninggalan sejarah tersebut.
Peninggalan Sejarah Bercorak Hindu Budha Di Indonesia
Gambar: Candi Prambanan; salah satu peninggalan sejarah bercorak hindu budha

1. Candi

Candi merupakan bangunan yang memiliki fungsi sebagai bangunan monumen. Di India, candi biasanya merupakan makam raja-raja. Namun, di Indonesia ada pula candi yang dibuat hanya untuk menghormati seorang raja.

Karena fungsi asalnya sebagai makam, maka candi umumnya berbentuk bangunan yang tinggi dengan tiga bagian. Bagian bawah merupakan lambang bhurloka (alam manusia), bagian tengah menggambarkan bhuvarloka (alam kematian), dan bagian atap melambangkan swarloka (alam para dewa).

Baca: Macam-macam candi bercorak hindu budha di Indonesia Lengkap

2. Kitab

Kerajaan Hindu dan Buddha meninggalkan beberapa kitab yang isinya beragam. Ada yang berisi cerita, berita sejarah, atau dongengdongeng. Isi kitab umumnya berbentuk syair.

Beberapa kitab peninggalan kerajaan Hindu dan Buddha di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Kitab Bharatayuda tulisan Mpu Sedah dan Mpu Panuluh.

b. Kitab Smaradhana tulisan Mpu Dharmaja.

c. Kitab Negarakertagama tulisan Mpu Prapanca.

d. Kitab Sutasoma tulisan Mpu Tantular.

e. Kitab Pararaton, merupakan kitab yang menceritakan silsilah raja-raja Singasari dan Majapahit.

f. Kitab Sundayana, merupakan kitab yang menceritakan peristiwa Bubat.

g. Kitab Ranggalawe, merupakan kitab yang menceritakan pemberontakan Ranggalawe.

3. Relief

Relief merupakan pahatan tulisan atau gambar yang biasanya terdapat pada dinding candi. Beberapa relief ada yang menceritakan pengalaman hidup raja dan para dewa Hindu atau Buddha.

4. Arca

Arca merupakan batu yang dipahat hingga membentuk manusia atau binatang. Biasanya, dibuat untuk menggambar-kan orangorang atau dewa-dewa tertentu. Peninggalan arca di Indonesia yang terpenting antara lain Syiwa, Brahma, Wisnu, Buddha, dan Dhyani Boddhisatwa.

0 Response to "Peninggalan Sejarah Bercorak Hindu Budha Di Indonesia"

Post a Comment