loading...

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Pembahasan ini menjelaskan tentang perbedaan antara iklim dan cuaca, pengertian iklim dan pengertian cuaca.

Pengertian iklim

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, iklim berarti keadaan hawa (suhu, kelembapan, awan, hujan, dan sinar matahari) pada suatu daerah dalam jangka waktu yang agak lama (30 tahun) di suatu daerah.

Pengertian cuaca

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, cuaca berarti keadaan udara (tentang temperatur, cahaya matahari kelembapan, kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas.

Perlu diketahui, cuaca dan iklim merupakan dua hal yang berbeda namun keduanya memiliki faktor-faktor yang sama. Misalnya, informasi prakiraan cuaca televisi menyebutkan, pada hari Sabtu akan terjadi hujan di kota Surabaya, tetapi di Kota Semarang diperkirakan cerah.  Maka cuaca di KotaSurabaya dan Semarang pada hari Sabtu berbeda.
Gambar: Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan cuaca dan iklim

Dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa cuaca adalah kondisi berbagai unsur udara pada jangka waktu singkat (24 jam) dan meliputi kawasan tertentu yang tidak terlalu luas (kota, desa, pulau kecil).

Sementara, iklim adalah rata-rata cuaca yang meliputi kawasan yang luas (kawasan negara atau benua) pada jangka waktu yang panjang. Peraturan internasional menyatakan bahwa pengamatan iklim sekurang-kurangnya dilakukan selama 30 tahun.



0 Response to "Perbedaan Cuaca dan Iklim"

Post a Comment