loading...

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji tentang jarak dan perpindahan, pengertian jarak dan perpindahan serta perbedaan jarak dan perpindahan.

Ketika membahas gerak, kamu harus dapat membedakan pengertian jarak dan perpindahan. Untuk lebih jelasnya perhatikan Gambar di bawah ini!
Perbedaan Jarak dan Perpindahan
Gambar: Contoh Jarak dan Perpindahan

Seorang anak berjalan dari titik P ke kanan menuju titik R sejauh 100 m. Dari titik R anak tersebut berjalan ke kiri menuju titik Q sejauh 40 m.

Jika titik P sebagai acuan maka dari Gambar tersebut di atas dapat dihitung sebagai berikut.

a. Jarak = panjang PR + panjang RQ
= 100 m + 40 m
= 140 m

b. Perpindahan = Posisi akhir – Posisi awal
= 100 m – 40 m
= 60 m

Pengertian jarak dan perpindahan

Berdasarkan perhitungan di atas, dapat diuraikan bahwa jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda selama berjalan tanpa memerhatikan arah.

Adapun, perpindahan adalah perubahan posisi suatu benda selama bergerak beserta arah geraknya.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Jarak berarti ruang sela (panjang atau jauh) antara dua benda atau tempat, sedangkan perpindahan berarti beralih (beranjak dsb) ke tempat lain.

Perbedaan jarak dan perpindahan

Berdasarkan contoh dan pengertian jarak dan perpindahan di atas, sebenarnya kita sudah dapat membedakan antara jarak dan perpindahan.

Namun disini kami akan menambahkan sedikit bahwa jarak adalah merupakan besaran sakalar dan perpindahan merupakan besaran vektor. Apa itu besaran sakalar dan besaran vektor?

0 Response to "Perbedaan Jarak dan Perpindahan"

Post a Comment