loading...

Perbedaan Nilai dan Norma Sosial beserta Penjelasannnya

Pembahasan kali ini akan memfokuskan mengkaji tentang perbedaan antara nilai sosial dan norma sosial. Sebelum masuk ke inti pembahasan, sebaiknya kita mengingat kembali pengertian dari nilai sosial dan pengertian dari norma sosial, sudah ingat?

Nilai sosial adalah sesuatu yang dianggap, dicita-citakan oleh masyarakat dan berharga bagi kehidupan. Jadi, nilai sosial sangat dibutuhkan oleh manusia karena merupakan suatu pedoman yang berguna untuk mengatur perilaku seseorang dalam sosialisasi.

Norma (norm) adalah aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat yang disertai dengan sanksi atau ancaman apabila tidak melakukannya.

Misalnya, apabila kamu mengambil barang orang lain tanpa memberitahu (mencuri), maka tindakanmu jelas merupakan tindakan yang salah, dan kamu akan dijatuhi hukuman.

Norma yang berlaku di masyarakat sifatnya mengikat dan berbeda-beda tingkatannya terhadap setiap warga atau anggota masyarakat. Ada norma yang mengikat lemah dan ada pula norma yang mengikatnya kuat.

Sudah bisa membedakan kedua istilah di atas? Atau masih bingung juga!? Silahkan simak penjelasan berikut ini!
Perbedaan Nilai dan Norma Sosial beserta Penjelasannnya
Nilai dan Norma Sosial

Perbedaan nilai dan norma sosial

Perbedaan nilai dan norma sosial adalah sebagai berikut.

a. Norma memiliki sanksi yang jelas, sedangkan nilai tidak.

b. Nilai dapat bernilai positif dan negatif. Apabila bernilai positif, maka nilai tersebut harus dijaga dan dipelihara, sehingga diperlukan norma untuk menjaga dan memeliharanya.

c. Nilai merupakan bentuk ekspresi seseorang, kelompok, atau masyarakat tentang baik, buruk, benar, salah, suka, duka, dan sebagainya terhadap bentuk materi maupun nonmateri.

d. Norma disertai dengan sanksi yang jelas, sehingga apabila ada anggota masyarakat yang melanggarnya akan dikenakan hukuman sesuai dengan derajat kesalahannya.

1 Response to "Perbedaan Nilai dan Norma Sosial beserta Penjelasannnya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete