loading...

Rumus Kimia Unsur dan Senyawa

Sebelum masuk jauh pada pembahasan ini, sebaiknya anda mengetahui dan memahami terlebih dahulu pembahasan tentang pengertian unsur dan sifat-sifatnya serta pengertian senyawa dan sifat-sifatnya.

Pembahasan kali ini adalah tentang rumus kimia unsur dan senyawa, pengertian rumus kimia, rumus kimia unsur dan rumus kimia senyawa.

Untuk mengingat dan menulis rumus kimia, kamu harus hafal lambang unsur-unsur tersebut. Rumus kimia yang kita kenal seharihari berupa rumus kimia unsur dan rumus kimia senyawa.

Rumus Kimia Unsur

Unsur-unsur yang partikelnya terdiri dari satu atom (monoatomik) mempunyai rumus kimia sama seperti lambang unsurnya. Contohnya antara lain emas (Au), tembaga (Cu), dan aluminium (Al).

Unsur-unsur yang membentuk molekul unsur dengan cara bergabung antara dua atom yang sama (diatomik). Contohnya antara lain iod (I2), hidrogan (H2), dan oksigen (O2).

Rumus Kimia Unsur dan Senyawa
Gambar: Tabel rumus kimia unsur

Rumus Kimia Senyawa

Molekul senyawa terbentuk dari dua atau lebih atom yang berbeda. Dalam rumus kimia senyawa ada angka yang menunjukkan jumlah atom suatu unsur di setiap molekulnya, yang disebut indeks.

Angka indeks ditulis di belakang agak ke bawah dari lambang unsur tersebut. Secara umum rumus molekul suatu senyawa ditulis sebagai berikut.
Ax By atau Ax By Cz

Dengan
A, B, dan C = lambang unsur (tanda atom) penyusun senyawa
x, y, dan z = indeks tiap unsur, yaitu jumlah tiap-tiap unsur yang menyusun di dalam satu molekul senyawa.

Selanjutnya perhatikan contoh penulisan molekul senyawa pada Tabel di bawah ini!

Nama senyawa
Rumus kimia
Jumlah atom
Karbon dioksida
Air
Kapur
Gula
Cuka
CO2
H2O
CaCO3
C12H22O11
CH3COOH
3 atom: 1 atom C dan 2 atom O
3 atom: 2 atom H dan 1 atom O
5 atom: 1 atom Ca, 1 atom C, dan 3 atom O
45 atom: 12 atom C 2 atom H, 11 atom O
8 atom: 2 atom C, 4 atom H, dan 2 atom O

Penulisan rumus kimia dapat mempunyai pengertian sebagai berikut.

NaCl artinya : - 1 molekul senyawa garam dapur terdiri atas 1 atom Na dan 1 atom Cl, tersusun 2 macam atom yaitu: Na dan Cl

5Fe artinya : 5 atom besi

2H2SO4 artinya: - 2 molekul senyawa asam sulfat terdiri atas 4 atom H, 8 atom O, dan 2 atom S, tersusun 3 macam atom yaitu H, S, dan O.

0 Response to "Rumus Kimia Unsur dan Senyawa"

Post a Comment