loading...

Sebab-Sebab Terjadinya Perang Salib Dan Dampaknya

Perang salib merupakan perang antara Islam dan kristen yang berlangsung lebih dari 2 abad. Perang ini menjadi salah satu faktor sebab masuknya bangsa eropa ke Indonesia.

Perang ini terjadi dengan melibatkan orang-orang Kristen Eropa yang berhadapan dengan orang Turki Seljuk dan orang-orang Arab.

Disebut Perang Salib karena pasukan Kristen menggunakan tanda salib dalam pakaian mereka. Sementara bagi orang Islam, perang ini disebut dengan perang suci.

Perang Salib berlangsung kurang lebih 200 tahun yang terbagi dalam tujuh periode. Penyebab perang ini salah satunya memperebutkan kota suci Yerusalem.

Pahlawan Islam yang terkenal dalam perang ini adalah Salahuddin Al Ayyubi yang berhasil merebut kembali Kota Yerusalem yang telah dikuasai kerajaan Kristen selama hampir 100 tahun. Salahuddin mengalahkan pasukan Salib dalam Perang Khitin.

Selanjutnya Raja Inggris Richard The Lion Heart menghimpun kekuatan raja-raja Eropa untuk mengambil kembali Kota Yerusalem. Namun, mereka gagal dan pulang ke Eropa dengan membawa kekalahan.
Sebab-Sebab Terjadinya Perang Salib Dan Dampaknya
Gambar: Perang Salib

Sebab-sebab terjadinya perang salib

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya Perang Salib adalah sebagai berikut.

a. Adanya larangan bagi peziarah-peziarah Kristen untuk mengunjungi Yerusalem.

b. Merebut Spanyol yang telah tujuh abad dikuasai oleh Dinasti Umayyah.

c. Paus Urbanus berusaha untuk mempersatukan kembali gereja Roma dengan gereja di Romawi Timur, seperti di Konstantinopel, Yerusalem, dan Aleksandria.

Dampak adanya Perang Salib adalah sebagai berikut.


a. Jalur perdagangan Eropa dan Timur Tengah menjadi terputus. Apalagi dengan dikuasainya Konstantinopel, maka para pedagang Eropa mulai mencari jalan lain untuk mendapatkan rempah-rempah secara langsung.

b. Bangsa Eropa mulai mengetahui kelemahan dan ketertinggalan mereka dari orang-orang Islam dan Timur, sehingga mereka mencoba untuk mengejar ketertinggalan itu dengan pengembangan Iptek secara besar-besaran.

c. Adanya motif balas dendam di kalangan orang-orang Kristen terhadap orang muslim karena kekalahannya dalam peperangan di dunia Timur dalam rangka menguasai jalur perdagangan.

0 Response to "Sebab-Sebab Terjadinya Perang Salib Dan Dampaknya"

Post a Comment