loading...

Syarat-syarat Pembuatan Peta dan Bentuk-bentuk peta

Pembahasan kali ini fokus tentang bentuk-bentuk peta dilengkapi dengan pembahasan tentang syarat-syarat pembauatan peta.

Sebelum masuk ke pembahasan syarat-syarat membuat peta yang baik, ada baiknya anda membuka kembali tentang pengertian peta dan macam-macam peta, selanjutnya kita akan bahas terlebih dahulu tentang bentuk-bentuk peta.

Bentuk-bentuk peta


1) Peta datar

Peta datar disebut peta biasa atau peta planimetri, dibuat pada bidang datar seperti kertas atau papan. Bentuk permukaan bumi pada peta datar dapat dilihat dari perbedaan warnanya.

2) Peta timbul atau peta relief atau peta stereometri

Peta timbul merupakan peta yang dibuat berdasarkan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya. Peta relief merupakan model pencitraan tiga dimensi suatu wilayah. Peta jenis ini biasanya dibuat dengan mengukirkan lempung atau lapisan campuran semen.

Untuk menekankan relief, skala vertikal pada peta relief biasanya digambarkan lebih jelas dari skala horizontal. Peta jenis ini dapat dibuat dengan cara dicetak. Peta relief banyak digunakan dalam dunia militer dan perencanaan pembangunan wilayah.

3) Peta digital, 

Peta digital yaitu peta yang dibuat dengan perangkat digital seperti komputer. Peta ini dibuat berdasarkan datadata yang telah dimiliki, kemudian diolah dengan komputer menggunakan program khusus untuk mendapatkan tampilan sebenarnya. Peta digital dapat disimpan dalam bentuk file maupun dicetak pada kertas.
Syarat-syarat Pembuatan Peta dan Bentuk-bentuk peta
Gambar: Contoh Peta Digital

Syarat-syarat peta

Peta yang baik harus dapat memberikan informasi secara jelas pada penggunanya. Maka dalam pembuatan peta harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

1) Ekuivalen, yaitu perbandingan luas daerah pada peta harus sama atau sesuai dengan luas daerah yang sebenarnya.

2) Ekuidistan, yaitu perbandingan jarak pada peta harus sama atau sesuai dengan jarak yang sebenarnya.

3) Konform, yaitu bentuk dari semua sudut yang digambarkan harus sama atau sesuai dengan bentuk yang sebenarnya.

4) Tidak membingungkan dan mudah dipahami.

5) Penyajian data harus lengkap dan teliti.

6) Harus rapi, bersih, dan indah.

0 Response to "Syarat-syarat Pembuatan Peta dan Bentuk-bentuk peta"

Post a Comment