loading...

8 Faktor Pendorong Penjelajahan Samudra

Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dan beberapa daerah lain disekitarnya, karena didorong oleh beberapa faktor. Apa sajakah itu?

Pada pembahasan ini akan dibahas tentang faktor-faktor pendorong kedatangan bangas barat ke Indonesia dan negara-negara penghasil rempah-rempah lainnya.

Negara-negara yang memelopori penjelajahan samudra adalah Portugis dan Spanyol, menyusul Inggris, Belanda, Prancis, Denmark, dan lainnya.

Untuk menghindari persaingan antara Portugis dan Spanyol, maka pada tanggal 7 Juni 1494 lahirlah Perjanjian Tordesillas.

Paus membagi daerah kekuasaan di dunia non-Kristiani menjadi dua bagian dengan batas garis demarkasi/khayal yang membentang dari kutub Utara ke kutub Selatan.

Daerah sebelah Timur garis khayal adalah jalur/kekuasaan Portugis, sedangkan daerah sebelah Barat garis khayal adalah jalur Spanyol.

8 Faktor Pendorong Penjelajahan Samudra
Gambar: Penjelajahan Samudra

8 Faktor Pendorong Penjelajahan Samudra

a. Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di mana pun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib.

b. Semangat gospel, yaitu semangat untuk menyebarkan agama Nasrani.

c. Semangat glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau daerah jajahan.

d. Semangat gold, yaitu semangat untuk mencari kekayaan/emas.

e. Perkembangan teknologi kemaritiman yang memungkinkan pelayaran dan perdagangan yang lebih luas, termasuk menyeberangi Samudra Atlantik.

f. Adanya sarana pendukung seperti kompas, teropong, mesiu, dan peta yang menggambarkan secara lengkap dan akurat garis pantai, terusan, dan pelabuhan.

g. Adanya buku Imago Mundi yang menceritakan perjalanan Marco Polo (1271-1292). Marcopolo adalah saudagar dari Venesia. Bersama ayahnya (Nicolo Polo) dan pamannya (Maffeo Polo), ia mengunjungi Cina (1271 - 1292) dengan menelusuri jalan sutera.

Ketika itu Cina diperintah oleh Kubilai Khan. Kembali dari Cina menggunakan kapal Khan Agung melalui jalur laut dan singgah di Pelabuhan Perlak (tahun 1292).

h. Perjalanan Ordoric da Pardenone menuju Campa yang sempat singgah di Jawa pada abad ke-14. Ordoric melaporkan sekilas mengenai kebesaran Majapahit.

i. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo yang menyatakan bahwa bumi itu bulat seperti bola, matahari merupakan pusat dari seluruh benda-benda antariksa. Bumi dan bendabenda antariksa lainnya beredar mengelilingi matahari (teori Heliosentris).

0 Response to "8 Faktor Pendorong Penjelajahan Samudra"

Post a Comment