loading...

Kedatangan Bangsa Belanda ke Indonesia

Salah satu bangsa Eropa yang melakukan penjelajahan samudra ke Indonesia adalah bangsa Belanda. Pada pembahasan ini akan dijelaskan Latar belakang kedatangan bangsa belanda ke Indonesia sekaligus daftar penjelajah samudra asal belanda.

Belanda berhasil memasuki wilayah perairan Indonesia setelah Jan Huygen van Linschoten mempublikasikan peta dan catatan tentang penemuan Portugis berjudul Itinerario near Oost ofte Portugaels Indien (Rencana perjalanan ke Timur atau Hindia Portugis) pada tahun 1590.

Jan Huygen van Linschoten adalah seorang berkebangsaan Belanda yang bekerja pada kapal-kapal milik Portugis.

Biasanya para pedagang Belanda membeli dagangan rempah-rempah dari Portugis di pusat pasar Lisabon. Namun setelah Lisabon dikuasai Spanyol, Belanda mencari jalan menuju daerah penghasil rempah-rempah.

Walaupun Portugis berusaha merahasiakan jalan ke pusat penghasil rempah-rempah, tetapi Belanda berhasil menyusul Portugis dan Spanyol.

Daftar Para Penjelajah dari Belanda

Berikut ini beberapa pelaut Belanda yang melakukan penjelajahan ke dunia.

1) Barentz

Pada tahun 1594, Barentz mencari daerah Timur (Asia) melalui jalur lain yaitu ke Utara. Perjalanan Barentz terhambat karena air laut membeku sesampainya di Kutub Utara.

Ia berhenti di sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Novaya Zemlya, kemudian memutuskan untuk kembali tetapi meninggal dalam perjalanan.

Kedatangan Bangsa Belanda ke Indonesia
Gambar: Cornelis de Houtman

2) Cornelis de Houtman

Pada tahun 1595, de Houtman dengan empat buah kapal yang memuat 249 orang awak beserta 64 meriam, memimpin pelayaran mencari daerah asal rempahrempah ke arah Timur mengambil jalur seperti yang ditempuh Portugis.

Pada tahun 1596 Cornelis de Houtman bersama rombongan sampai di Indonesia dan mendarat di Banten.

3) Abel Tasman

Abel Tasman berlayar mencapai perairan di sebelah Tenggara Australia. Pada tahun 1642 ia menemukan sebuah pulau yang kemudian dikenal dengan nama Pulau Tasmania.

Baik Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda akhirnya sampai ke sumber rempah-rempah yaitu Indonesia.

Sejak kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, peta perdagangan mengalami perubahan yang akhirnya dimonopoli bangsa Barat.

0 Response to "Kedatangan Bangsa Belanda ke Indonesia"

Post a Comment