loading...

Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan bermacam-macam itu dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk kebutuhan, yaitu kebutuhan berdasarkan intensitasnya, bentuk dan sifatnya, subjek yang membutuhkannya, waktu pemenuhannya, dan wujudnya.

Pembahasan kali ini adalah tentang jenis-jenis kebutuhan manusia atau macam-macam kebutuhan manusia berdasarkan bentuk dan sifatnya, pengertian kebutuhan jasmani, pengertian kebutuhan rohani dan contohnya masing-masing.

Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya

Berdasarkan bentuk dan sifatnya kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

1 ) Kebutuhan jasmani

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh fisik atau badan manusia agar dapat hidup secara layak dan baik.

Contoh kebutuhan Jasmani

Contoh kebutuhan jasmani, antara lain kebutuhan makanan dan minuman, pakaian, alat-alat olah raga untuk menunjang kesehatan raga atau badan, dan sebagainya.
Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya
Gambar: Contoh kebutuhan rohani

2 ) Kebutuhan rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dapat memberikan rasa puas pada jiwa, rohani, dan perasaan seseorang. Apabila kebutuhan rohani manusia terpenuhi, maka manusia akan merasa senang, aman, tenteram, dan terhibur.

Contoh kebutuhan rohani

Contoh kebutuhan rohani antara lain kebutuhan akan perhatian dari orang tua, rekreasi di tempat wisata, menjalankan ajaran agama dengan baik, dan sebagainya.

0 Response to "Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya"

Post a Comment