loading...

Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek yang Membutuhkannya

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan bermacam-macam itu dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk kebutuhan, yaitu kebutuhan berdasarkan intensitasnya, bentuk dan sifatnya, subjek yang membutuhkannya, waktu pemenuhannya, dan wujudnya.

Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek yang Membutuhkannya

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang jenis-jenis kebutuhan manusia berdasarkan subjek yang membutuhkannya, perbedaan kebutuhan individual dan kebutuhan kolektif dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

Berdasarkan subjek yang membutuhkannya kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan individual dan kebutuhan kelompok.

1 ) Kebutuhan individual

Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan atau pemuasan kebutuhan seseorang secara individu (pribadi).

Kebutuhan setiap individu berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh keinginan, hobi, jenis pekerjaan, status sosial, atau pendidikan.

Contoh kebutuhan individual, antara lain kebutuhan seorang pelajar akan buku pelajaran atau kebutuhan nelayan akan perahu dan jala.
Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek yang Membutuhkannya
Gambar: Jalan Raya; contoh kebutuhan Kolektif

2 ) Kebutuhan kolektif

Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan umum atau orang banyak.

Kebutuhan kolektif merupakan kebutuhan yang erat hubungannya dengan kesejahteraan, ketertiban, keamanan, keindahan, dan kemakmuran masyarakat.

Contoh kebutuhan kolektif, kebutuhan pakaian seragam bagi kelompok paduan suara atau tim olah raga, jalan raya bagi pengguna jalan, dan pasar untuk jual beli barang bagi masyarakat.

0 Response to "Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek yang Membutuhkannya"

Post a Comment