Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia yang Baru

Koperasi yang merupakan salah satu pelaku kegiatan ekonomi di Indonesia memiliki posisi dan peran yang sangat penting bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia dari masa ke masa.

Sebelum jauh masuk ke dalam pembahasan ini, sebaiknya anda juga mengetahui dan memahami pengertian koperasi, sejarah perkembangan koperasi, asas dan landasan koperasi, fungsi dan tujuan koperasi.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang arti dan makna lambang koperasi Indonesia yang baru, walaupun sebenarnya pada pembahasan yang sebelumnya telah dijelaskan juga arti lambang koperasi indonesia (versi lama-pent).

Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia yang Baru

Pada tahun 2012, pemerintah memutuskan untuk mengganti lambang koperasi. Lambang koperasi yang baru tampak lebih modern dan dinamis dengan dominan warna hijau. Berikut ini adalah arti tiap gambar pada lambang koperasi.

Gambar: Lambang Koperasi Indonesia Baru

Gambar bunga, bermakna bahwa koperasi di Indonesia harus senantiasa berkembang mengikuti jaman, dinamis dan berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi.

Gambar 4 (empat) sudut pandang, mempunyai makna sebagai arah mata angin, koperasi haru dapat sebagai organisasi penyalur aspirasi, berlandaskan sifat kerakyatan, dan memnjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi serta siap dalam menuju persaingan global.

Teks Koperasi Indonesia, ditulis dalam huruf yang modern mengandung arti koperasi harus senantiasa maju sesuai kebutuhan jaman. Teks tersebut ditulis berjejer rapi mempunyai arti bahwa ikatan antar anggota dan pengurus yang kuat.

Warna Pastel dalam Lambang Koperasi Indonesia, mencerminkan sikap berwibawa, ketabahan, kemauan dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat.

4 (empat) kuncup bunga, digambarkan saling bertautan membentuk lingkaran, artinya bahwa tiap pengurus dan anggota koperasi saling bekerjasama membutuhkan satu dengan yang lain.

Demikianlah informasi terkini seputar arti lambang koperasi, mudah-mudahan bisa membantu adik-adik mengerjakan tugas sekolah.