loading...

Ciri-ciri Negara Maju berdasar Keadaan Penduduk, Budaya dan Teknologi

Pada pembahasan sebelumnya tentang pengertian negara maju telah memberikan gambaran kepada kita, disana disebutkan bahwa untuk melengkapi pemahaman seseorang terhadap pengertian negara maju, maka ia harus mengetahui apa ciri-ciri negara maju.

Pada pembahsan kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang ciri-ciri negara maju dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya.

Ciri- ciri Negara Maju 


Berdasar Keadaan Penduduk

Selain dari segi ekonomi, keberhasilan pembangunan dalam usaha memajukan negara juga dilihat dari segi kependudukan.

a) Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk yang rendah merupakan salah satu ciri negara maju. Rata-rata pertumbuhan penduduk kurang dari satu persen per tahun.

Di negara maju, masyarakatnya cenderung menunda usia perkawinan dan membatasi jumlah anak. Bagi mereka, memiliki anak membutuhkan pertimbangan yang serius.

Oleh karena itu, mereka belum akan mempunyai anak jika mereka merasa belum siap. Kecenderungan ini didukung oleh kecanggihan teknologi kedokteran dan obat-obatan penunda kehamilan.

Rendahnya tingkat pertumbuhan penduduk menyebabkan komposisi penduduk di negara maju didominasi oleh golongan tua (dewasa).

Angka ketergantungan usia nonproduktif terhadap usia produktif pun menjadi rendah. Dengan jumlah tanggungan yang kecil, keluarga-keluarga di negara maju bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan lebih baik.
Ciri-ciri Negara Maju berdasar Keadaan Penduduk
Ciri-ciri Negara maju

b) Tingkat Kesejahteraan Masyarakat

Kesejahteraan penduduk di negara-negara maju umumnya sangat terjamin. Pemerintah memberikan jaminan yang melindungi setiap penduduknya dari risiko kehilangan pendapatan, seperti kecelakaan kerja, sakit, cacat, masa tua, hamil, dan pengangguran.

Berbagai jaminan ini dikelola oleh dinas sosial di negara tersebut. Bagi masyarakat yang mampu, mereka diberi kebebasan mengoptimalkan tingkat kesejahteraannya.

Pemerintah hanya memberikan sarana serta infrastruktur penunjang seperti jalan, sekolah, jembatan, rumah sakit, dan gedung publik.

Fasilitas yang diberikan memungkinkan penduduk di negara maju dapat mengakses pelayanan kesehatan dan pendidikan secara merata.

Hasilnya, sebagian besar masyarakat di negara maju (sekitar 95%) bisa membaca, menulis (melek huruf), dan bisa melanjutkan pendidikan tinggi, serta rata-rata usia harapan hidup mencapai 79 tahun.

Keadaan Sosial Budaya

Faktor sosial budaya di negara maju didasari oleh penalaran (rasionalitas). Mereka tidak percaya pada hal-hal yang tidak bisa diterima rasio (akal sehat).

Bagi mereka, keberhasilan hanya bisa diperoleh dengan bekerja keras, berhemat, dan mengembangkan potensi yang ada.

Kemajuan Teknologi

Teknologi memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat di negara-negara maju. Teknologi ini berkaitan dengan cara atau metode produksi yang diperbarui.

Penemuan teknologi di negara maju akan menaikkan produktivitas buruh, modal, dan faktor produksi yang lain.

Baca: Ciri-ciri negara maju terlengkap

1 Response to "Ciri-ciri Negara Maju berdasar Keadaan Penduduk, Budaya dan Teknologi"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete